get app
inews
Aa Read Next : Virgil Van Dijk Tegaskan Bertahan di Liverpool: Saya Sangat Senang di Sini

Berikut Daftar Lulusan Terbaik Akademi Liverpool, Nomor 5 Dibanderol Rp1,3 Triliun

Kamis, 01 September 2022 | 08:00 WIB
header img
Trent Alexander Arnold (Instagram/@trentarnold66)

JAKARTA, iNewsMedan.id - 5 Lulusan Akademi Liverpool terbaik menjadi sorotan bagi penggemar sepak bola dunia khususnya Liga Inggris. Akademi sebuah tim sepak bola yaitu sekolah sepak bola dari usia junior yang difasilitasi oleh klub.

Tujuan adanya akademi yaitu untuk meregenerasi skuad utama, meski begitu dalam praktiknya sering pemain justru hengkang ke tim lain. Hal tersebut bukan kesalahan karena setiap pemain memiliki haknya masing-masing.

Liverpool sebagai tim yang saat ini sedang sangat bersinar tentu memiliki akademi dengan kualitas yang baik.

Siapa sajakah 5 lulusan Akademi Liverpool terbaik? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Lulusan Akademi Liverpool Terbaik

5. Trent Alexander-Arnold

Sejak Liverpool diarsiteki oleh Jurgen Klopp, Trent Alexander-Arnold sudah mendapatkan kepercayaan untuk bermain di tim utama Liverpool. Ia debut pertama kali dengan tim utama pada musim 2016/2017 di ajang Premier League.

Ketika itu, Alexander-Arnold masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Middlesbrough pada pekan ke-16. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu menjadi sosok penting di skuad Klopp. 

Bahkan, Alexander-Arnold menjadi salah satu pemain Liverpool dengan banderol tertinggi saat ini, yaitu Rp1,3 triliun. Di musim ini, pemain berusia 22 tahun itu sudah menciptakan 1 gol dan 5 assist dari 34 pertandingan di semua ajang.

4. Conor Coady

Conor Coady menjadi pemain yang disegani selama waktunya dengan tim junior Liverpool. Namun, ia tidak bisa bermain reguler di tim utama setelah membuat dua penampilan untuk The Reds.

Pemain bertinggi 185 cm ini akhirnya dijual ke klub Championship Huddersfield Town pada 2014 setelah dipinjamkan ke Sheffield United di League One. Setelah tampil mengesankan dengan Terrier, Wolves mengontraknya dan ia menjadi pemain penting di tim mereka sejak itu.

Terbaru, bek tengah tangguh ini menjaga lini belakang Everton dengan perolehan 1 assist dalam 5 pertandingan.

3. Peter Gulacsi

Saat di Liverpool, Gulacsi dipinjamkan ke Hereford United, Tranmere Rovers dan Hull City di divisi bawah sepakbola Inggris sebelum bergabung dengan Red Bull Salzburg pada 2013 dengan status bebas transfer tanpa pernah tampil untuk tim utama Liverpool.

Pemain asal Hongaria ini memenangkan gelar ganda domestik dalam dua musim pertamanya bersama klub Austria itu sebelum bergabung dengan klub RB Leipzig, pada tahun 2015.

Pemain bertinggi 190 cm ini bersama Leipzig berhasil meraih promosi ke Bundesliga pada musim pertamanya dan menjadi kiper utama timnya serta membantu mereka lolos ke Liga Champions.

2. Suso

Suso menjadi bagian dari akademi Liverpool pada 2010 meski diminati Real Madrid dan Barcelona sebelum menembus tim utama pada musim 2012/13 di mana ia membuat 20 penampilan dan mencatatkan satu assist.

Pemain bertinggi 177 cm itu menghabiskan musim 2013/14 dengan status pinjaman di Almeria dengan mencetak tiga gol dan membuat sembilan assist.
Suso bergabung dengan AC Milan pada Januari 2015 dengan biaya hanya 1,3 juta euro. 

Dia awalnya kesulitan menembus tim utama Milan dan menghabiskan paruh kedua musim 2015/16 dengan status pinjaman di Genoa dengan mencetak enam gol dan membuat dua assist dalam 19 penampilan.

Sejak awal musim 2016/17, pengisi sayap kanan itu menjadi pemain penting bagi Milan dan sudah bermain dalam 126 pertandingan untuk raksasa Serie A itu dengan mengumpulkan 21 gol dan 33 assist.

Penampilan pemain berusia 25 tahun itu untuk Milan juga membuatnya dipanggil ke tim nasional dan sejauh ini ia sudah tampil dua kali untuk Spanyol. Terbaru ia diboyong oleh Sevilla dengan harga Rp365,01 miliar, dan sejauh ini Suso belum bermain untuk timnya.

1. Raheem Sterling


Raheem Sterling (FOTO: Bleacher Report).

Raheem Sterling merupakan jebolan akademi Liverpool tersukses namun The Reds terpaksa menjualnya setelah dia menolak menandatangani kontrak baru. Pemain bertinggi 170 cm ini melakoni debut di tim utama pada akhir musim 2011/2012.

Dia kemudian memainkan 129 pertandingan untuk Liverpool dengan mencetak 23 gol dan membuat 25 assist. Pemain internasional Inggris itu membuat Man City mengeluarkan Rp1,1 triliun pada tahun 2015 dan ia kemudian menjadi salah satu pemain terpenting mereka di klub besutan Josep Guardiola.

Sterling berhasil mencetak 63 gol dan 63 assist untuk City dalam 181 pertandingan termasuk 42 gol dan 33 assist dalam 87 pertandingan sejak awal musim 2017-2018. Pada musim ini, Raheem Sterling telah hijrah ke klub Chelsea dan sudah berhasil mengoleksi 3 gol dan 1 assist dalam 5 pertandingan.

Torehannya itulah yang membuatnya berada di posisi pertama pada daftar ini. 

Demikian informasi mengenai lulusan Akademi Liverpool terbaik, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut