get app
inews
Aa Read Next : Perawat Ketus Layani Pasien "Sakit" saat Berobat Viral: Nggak Ada Dokter, Siapa yang Bayar?

Menteri LHK Setujui Penggunaan Kawasan Hutan untuk Jalur Alternatif Medan-Berastagi

Senin, 01 Agustus 2022 | 15:29 WIB
header img
Menteri LHK Setujui Penggunaan Kawasan Hutan untuk Jalur Alternatif Medan-Berastagi. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id:   Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menyetujui penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi. Jalur alternatif sepanjang 57,88 km dari Simpang Pos -Tuntungan-Kutalimbaru- Simpang Sembaikan-Berastagi dengan lebar jalur 20 meter ini dipastikan memanfaatkan jalur hutan Kawasan Taman Hutan Raya Bukit Barisan.

“Alhamdulillah. Dalam rangka percepatan pembangunan jalan alternatif Medan –Berastagi pada prinsipnya Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendukung dan menyetujui serta akan mempercepat proses perizinan penggunaan kawasan hutan Taman Hutan Raya Bukit Barisan untuk jalan alternatif Medan – Berastagi karena dimungkinkan sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku yang pada saat ini permohonannya sedang diproses di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ujar Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi usai pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (1/8).

Pembangunan jalan ini, tambah Edy Rahmayadi, merupakan bagian dari Rencana Strategis Provinsi Sumatera Utara dan sudah dianggarkan dalam skema Multi Years pada APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022-2023.

“Dengan jalan alternatif ini, insya Allah kesulitan penyaluran hasil pertanian dan kendala kemacetan lalu lintas yang menjadi masalah serius di jalur Medan-Berastagi bisa ditanggulangi. Apalagi Kabupaten Karo termasuk tujuan wisata dengan tingkat kedatangan wisatawan local dan mancanagera yang terbilang tinggi,”jelas Edy Rahmayadi.

Hadir dalam pertemuan itu antar lain, Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Utara, Ir. Herianto, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumatera Utara, H. Bahar Siagian, SH, M.Si, Kepala Bidang Penatagunaan Hutan, Dinas Kehutanan SUMUT, Djonner E.D Sipahutar, S.Hut, M.Si dan  Kepala Bidang Pengusahaan Hutan, Dinas Kehutanan SUMUT, Alfian Jauhari.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut