get app
inews
Aa Read Next : Meryl Saragih: Semua Perlu Ikut Merayakan Hari Perempuan

DPRD Sumut Apresiasi Upaya Perbankan Selesaikan Keluhan Nasabah

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:05 WIB
header img
RDP antara Komisi C DPRD Sumatera Utara dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Utara, Bank Indonesia Sumatera Utara, Bank Mandiri Taspen Cabang Medan, Bank BRI Cabang Medan dan Polda Sumatera Utara dan nasabah pensiunan, Selasa (26/7)

MEDAN, iNews.id- Ketua Komisi C DPRD Sumatera Utara Dr. Poaradda Nababan, Sp.B menyambut baik upaya proaktif yang dilakukan Bank Mandiri Taspen dan Bank BRI Cabang Medan, untuk memaksimalkan dialog dalam menyelesaikan keluhan yang disampaikan sejumlah nasabah. 

Politisi dari Fraksi PDIP itu juga berharap agar perbankan dapat menjelaskan permasalahan berdasarkan data yang ada, sehingga keluhan tentang kredit yang disampaikan nasabah, dapat diselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan kegaduhan.

Hal tersebut menjadi kesimpulan penting dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi C DPRD Sumatera Utara dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Utara, Bank Indonesia Sumatera Utara, Bank Mandiri Taspen Cabang Medan, Bank BRI Cabang Medan dan Polda Sumatera Utara serta perwakilan pensiunan yang menjadi nasabah bank. 

RDP tersebut digelar untuk memfasilitasi nasabah dengan bank, dalam menyelesaikan keluhan yang terjadi.

“Kami mendorong agar nasabah dan bank bisa duduk bersama. Silahkan nasabah datang langsung dan meminta penjelasan berdasarkan data yang ada ke Bank Mandiri Taspen. Kami dari DPRD sudah menfasilitasi dan kami mengapresiasi Bank Mandiri Taspen yang mau menyelesaikan dan membuka pintu dengan terbuka,” ucap Poaradda seusai RDP, Selasa (26/7). 

Anjuran penyelesaian dialogis tersebut, menurut Poaradda jauh lebih baik, daripada saling lapor ke instansi hukum.

Sebab, munculnya pengaduan itu bisa jadi disebabkan karena ketidakpahaman atau kurangnya literasi keuangan pada nasabah. Hal itu tercermin dari perbedaan pemahaman atas masalah yang terjadi diantara nasabah pada saat RDP berlangsung. 

Dia juga menduga adanya kemungkinan nasabah lupa dengan kreditnya, mengingat sebagian besar nasabah adalah pensiunan.

“Terlepas dari ada atau tidaknya yang memprovokasi nasabah, DPRD ini rumah rakyat. Siapapun bisa mengadukan masalahnya ke sini. Namun, saya tegaskan, masalah ini bisa diselesaikan secara baik-baik tanpa harus saling menuntut,” papar Poaradda.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut