Larang Ekspor CPO, Aktivis 98 Sebut Jokowi Berpihak kepada Rakyat

Jafar
Ketua Majelis Nasional Perhimpunan Pergerakan 98, Sahat Simatupang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi mengumumkan kebijakan terbaru soal ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng. Efektif pada tengah malam ini, kata Airlangga, pemerintah melarang ekspor untuk semua produk Crude Palm Oil (CPO), Red Palm Oil (RPO), RBD palm olein, pome, dan use cooking oil. 

"Ini seluruhnya sudah tercakup dalam Peraturan Menteri Perdagangan yang akan berlaku mulai pukul 00.00 WIB malam ini,” kata Airlangga Hartato, Rabu malam, (27/4/2022). Adapun alasan pemerintah melarang produk-produk sawit itu karena memprioritaskan kepentingan masyarakat, yang pada gilirannya untuk menjaga stabilitas harga minyak goreng. 

Keputusan yang diambil pemerintah diapresiasi Ketua Majelis Nasional Perhimpunan Pergerakan 98 Sahat Simatupang. Menurut Sahat, pelarangan semua produk CPO, RPO, RBD palm olein, pome, dan use cooking oil membuktikan Presiden Joko Widodo membela kepentingan pangan murah untuk rakyat ketimbang membela pengusaha kakap perkebunan sawit. 

"Sekali lagi Jokowi membuktikan bahwa dia adalah Presiden yang mendengar aspirasi rakyat. Betapa hari - hari kita saat ini sangat sulit akibat kenaikan harga minyak goreng." kata Sahat Simatupang, Rabu malam, (27/4/2022). 

Perhimpunan Pergerakan 98, sambung Sahat, membatalkan rencana aksi unjuk rasa bertepatan pemberlakuan larangan ekspor minyak goreng mulai 28 April 2022 karena selama empat hari sejak 23 April hingga 26 April 2022, simpang siur apakah CPO masih bisa diekspor. 

"Tapi setelah malam ini ada keputusan pemerintah menghentikan semua produk CPO, RPO, RBD palm olein, pome, dan use cooking oil itu sangat tepat diberlakukan. Jadi mahluk - mahluk nyinyir yang mengatakan Jokowi takut melarang ekspor CPO karena ditekan pengusaha sawit kakap, tidak terbukti." ujar Sahat. 

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network