Tak hanya itu, Lazada memberikan perhatian khusus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terbukti menggerakkan roda perekonomian Indonesia dengan kontribusi hingga 61 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Bahkan, di tingkat nasional, peran strategis UMKM juga ditunjukkan dalam roda perekonomian daerah, di antaranya di Sumatra Utara yang mencetak 1,16 juta UMKM per Juli 2024, yang berhasil menyerap hingga 80 persen tenaga kerja.
“Dalam menjalankan strategi hiperlokal, Lazada memberikan dukungan holistik untuk para penjual Lazada dari sisi teknologi, pelatihan, dan infrastruktur. Harapannya, setiap pelaku bisnis di platform kami bisa terus beradaptasi dalam era digital yang dinamis ini, menjangkau pasar nasional seluas-luasnya, serta terus bertumbuh dan naik kelas,” jelas Amelia.
Di sisi infrastruktur, Lazada memperluas fasilitas gudang dan mengembangkan layanan Fulfillment by Lazada (FBL), layanan logistik menyeluruh, mulai dari pergudangan, manajemen inventori produk, pengepakan, hingga pengiriman barang. Langkah ini memastikan proses distribusi produk berjalan lancar dan pengiriman tepat waktu ke seluruh penjuru Indonesia.
Selain memberdayakan penjual, strategi hiperlokal juga difokuskan pada peningkatan pengalaman berbelanja pembeli. Lazada menghadirkan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Medan, mulai dari laman khusus Medan dengan akses pada produk pasokan lokal, promo eksklusif, hingga pengiriman cepat. Tim khusus Lazada juga dihadirkan di Medan agar dapat merespons kebutuhan pasar secara lebih cepat dan relevan.
Selain itu, beragam aktivasi online serta offline akan terus dihadirkan di Medan untuk semakin mempererat hubungan Lazada dengan pembeli lokal. Sebelumnya, Lazada sudah berkenalan dengan warga Medan melalui aktivasi Lazada Gas di Medan pada tanggal 3-4 Mei dan 23-24 Mei dengan hadir di beberapa titik strategis kota dengan julukan Kota Melayu Deli ini.
Dari sisi logistik, Lazada kini memiliki layanan Pengiriman Satu Hari Sampai sehingga para pembeli di Medan dapat menikmati pengalaman belanja yang lebih cepat. Penguatan infrastruktur logistik dengan perluasan gudang sekaligus dilakukan untuk memastikan ketersediaan varian produk yang lebih banyak dan lebih berkualitas bagi pembeli di Medan.
“Ke depannya, kehadiran Lazada di Medan akan terus diperkuat lewat berbagai inisiatif yang menyasar pemberdayaan penjual lokal dan peningkatan pengalaman belanja pembeli. Lazada di Medan menjadi wujud nyata dari komitmen Lazada untuk berperan aktif dalam membuka akses, menciptakan peluang, dan mendorong ekosistem ekonomi digital yang inklusif di Indonesia,” pungkas Amelia.
Editor : Chris
Artikel Terkait