Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Karo, Anak Korban Laporkan Koptu HB ke Puspomad

Wahyudi Aulia Siregar
Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Karo, Anak Korban Laporkan Koptu HB ke Puspomad . (Foto: Riana Rizkia)

MEDAN, iNewsMedan.id - Anak Rico Sempurna Pasaribu, Eva Meliani Pasaribu, didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan dan Komite Keselamatan Jurnalis membuat laporan ke Puspomad atas dugaan keterlibatan oknum TNI bernama Koptu HB.

Hal itu merupakan kelanjutan dari upaya keluarga korban dalam mengusut tuntas kasus yang menewaskan jurnalis Rico Sempurna Pasaribu.

“Hari ini kami datang ke Puspomad bersama Kontras, Bakumsu, KKJ untuk membuat laporan secara resmi terkait dugaan tindak pidana pembunuhan berencana atau pembunuhan dengan pembakaran yang diduga ada keterlibatan dari anggota TNI,” ujar Direktur LBH Medan, Irvan Saputra, Jumat (12/7/2024).

Irvan menambahkan bahwa bukti-bukti yang disampaikan dalam laporan tersebut, di antaranya, keterangan saksi, percakapan telepon kepada pimred untuk take down berita, dan percakapan rekan korban terkait pemberitaan yang ditulis korban.

Tak hanya itu, sambung Irvan, ada juga bukti screenshot percakapan antara korban Rico Sempurna Pasaribu yang meminta perlindungan kepada Kasat Reskrim Polres Tanah Karo, yang langsung menyebutkan nama anggota TNI tersebut dan laman pemberitaan yang diduga memicu kemarahan HB kepada Rico Sempurna Pasaribu hingga terjadi pembakaran kepada Rico beserta keluarganya.

“Saya berharap kepada TNI terhadap kasus yang menimpa keluarga saya agar segera diusut tuntas. Kita bawa semua bukti untuk mendapatkan keadilan,” ucap Eva Meliani Pasaribu.

Lebih lanjut, LBH Medan menilai ketiga tersangka yang diamanakan pihak kepolisian hanya kaki tangan dari otak pelaku. Kemudian, polisi belum menemukan motif dari tindak pidana tersebut hingga saat ini.

Setelah melaporkan ke Puspomad, tim KKJ, LBH Medan dan keluarga korban akan beraudiensi ke Komnas HAM dan KPAI agar kasus ini segera mendapat penanganan serius.

Sebelumnya, Rico Sempurna Pasaribu bersama istri, seorang anak dan cucunya, tewas dalam insiden kebakaran rumah mereka di Jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis, 27 Juni 2024.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network