Perang Dimulai, Menlu Ukraina: Waktunya Dunia Harus Bertindak Menghentikan Putin 

Rahman Asmardika
Foto Reuters

KIEV - Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmitry Kuleba menyatakan bahwa Moskow telah melancarkan "perang skala penuh" terhadap negaranya, Kamis (24/2/2022). Hal itu berlangsung, usai Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan operasi khusus di Donetsk dan Luhansk merupakan dua wilayah yang menyatakan kemerdekaan dari Kiev. 

“Putin baru saja meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina,” kata Kuleba dalam posting di Twitter, sebagaimana dilansir Al Jazeera. 

“Kota-kota Ukraina yang damai sedang diserang. Ini adalah perang agresi. Ukraina akan mempertahankan diri dan akan menang. Dunia dapat dan harus menghentikan Putin. Waktunya untuk bertindak adalah sekarang.” 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato singkat mengumumkan status darurat militer dan menyatakan bahwa Ukraina akan menang. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Presiden Putin memerintahkan tentara operasi khusus tentara di Wilayah Donetsk dan Luhansk, yang juga dikenal sebagai Donbass, di Ukraina timur. Langkah itu diambil Putin setelah para pemimpin republik yang memisahkan diri dari Ukraina itu meminta bantuan militer dari Moskow.

 

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network