Kucing Tidur Rata-Rata 15 Jam per Hari, Ternyata Ini Penyebabnya

Dini Listiyani
Kucing. (Foto: Instagram/@yokohamacats)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kucing dikenal sebagai hewan yang gemar tidur. Tak jarang hal itu menjadi pertanyaan bagi pemilik anak bulu (anabul).

Sejumlah pemilik kucing sudah tidak asing dengan kebiasaan anabulnya yang satu ini yakni durasi tidur yang lama. Sebenarnya, ada penjelasan ilmiah mengapa kucing suka tidur dalam waktu lama.

Faktanya, kucing tidur rata-rata 15 jam per hari. Beberapa dari mereka bahkan memperpanjang tidurnya hingga 20 jam, terutama kucing tua dan kitten. Lantas apa yang membuatnya tidur begitu lama?

Dikutip dari Britannica, kucing adalah predator alami. Mangsa mereka cepat dan sulit dipahami. Menyelinap dan menerka berulang kali pastinya melelahkan. 

Kucing di alam liar bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan makanannya, dan melakukan upaya fisik semacam itu membutuhkan banyak tenaga. Kucing juga predator 

Dan mereka bukan sekadar predator, mereka juga predator krepuskular, di mana aktif selama peralihan hari seperti senja dan fajar. Sisa hari akan digunaka kucing tidur, meskipun tidur itu ada dua jenis.

Sekitar tiga perempat dari tidur mereka merupakan istirahat dangkal dan hampir terbangun. Ini disebut tidur gelombang lambat (SWS). Kucing tertidur dalam posisi siap, indra penciuman dan pendengarannya dalam mode "aktif".

Telinga sesekali bergerak-gerak. Meski terlihat tenang, mereka siap bereaksi secara instan, menerkam mangsanya atau mencakar Anda karena mengelus saat mereka sedang tidur. Tidur siang yang terkenal ini biasanya berlangsung selama 15-30 menit.

Seperempat waktu lainnya, kucing benar-benar tidak aktif, tidur nyenyak, sering kali mencapai tidur REM. Jika mereka tidur dengan kaki gemetar, kemungkinan besar mereka sedang bermimpi. Tidur nyenyak ini biasanya terjadi dalam waktu lima menit yang diakhiri dengan tertidur.

Jadi bagaimana dengan kucing peliharaan yang tidak pernah keluar rumah? Kenapa dia selalu tidur? Singkatnya itu karena keturunan.  Sebagai suatu spesies, kucing semuanya terhubung dengan jam internal yang sama. Kucing rumahan juga tidur ketika mereka bosan.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network