Besok, Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai Mulai Beroperasi

Jafar
Besok, Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai Mulai Beroperasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - PT Hutama Karya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi, akan mulai mengoperasikan ruas Tol Binjai-Langsa dari Stabat hingga Kuala Bingai sepanjang 7,55 kilometer tanpa tarif tol mulai 20 September 2023 besok pukul 07.00 WIB. Di mana, sebelumnya, Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 12,3 kilometer dan telah beroperasi sejak 11 Februari 2022.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa pada tahap operasional, perseroan akan melakukan kampanye sosialisasi untuk mengedukasi pengemudi tentang sistem pembayaran nontunai dan penggunaan elektronik kartu pembayaran. 

"Kartu pembayaran elektronik sangat penting dalam transaksi jalan tol dan mengimbau pengemudi untuk memeriksa kondisi fisik dan saldo kartu sebelum menggunakannya," katanya, Selasa (19/9/2023). 

"Selama masa sosialisasi, yang belum berbayar hanya Stabat hingga Kuala Bingai dan sebaliknya saja, jadi pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal," ucap Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo Purnomo juga mendorong pengemudi untuk mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol dengan mematuhi peraturan lalu lintas dan mematuhi lima poin kampanye keselamatan Hutama Karya SETUJU (Selamat Sampai Tujuan) yang mengedepankan keselamatan jalan.

"Dalam kampanye SETUJU itu ada lima point ini sangat penting sebagai dasar aturan berkendara di jalan tol sehingga kalau lima poin tersebut diikuti dengan benar akan mengantisipasi kecelakaan maupun fatalitas di jalan tol," Imbau Tjahjo Purnomo.

Untuk saat ini ruas tol Stabat-Kuala Bingai digratiskan, namun pengguna akan dikenakan biaya normal jika bepergian dari Binjai-Stabat atau sebaliknya. Tarif tol yang berlaku untuk ruas Stabat-Kuala Bingai akan diumumkan perseroan setelah peraturan tol Kepmentarif diterbitkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network