Jenderal Batak Ini Pernah Minta Bung Karno Jangan Kenakan Seragam Militer dalam Berbagai Kesempatan

Vitrianda Hilba Siregar
Presiden Soekarno pernah diminta seorang jenderal Batak, Letjen TB Simatupang agar jangan memakai seragam militer dalam berbagai kegiatan. Foto: Dok

MEDAN, iNewsMedan.id - Presiden Soekarno pernah diminta seorang jenderal Batak, Letjen TB Simatupang agar jangan memakai seragam militer dalam berbagai kegiatan. Apakah permintaan Letjen TB Simatupang dipenuhi Bung Karno

Letjen TB Simatupang adalah pahlawan nasional dan pernah mengisi posisi Kepala Organisasi Staf Umum Markas Besar Tentara oleh Kepala Staf TNI Letnan Jenderal Oerip Soemohardjo.

 

Selama masa perang kemerdekaan, Simatupang terlibat dalam gerilya dan menjabat sebagai Kepala Organisasi Staf Umum di Markas Besar Tentara di bawah pimpinan Kepala Staf TNI, Letnan Jenderal Oerip Soemohardjo. Ia juga menjadi satu-satunya perwira yang terlibat dalam perundingan dengan Belanda dari tahun 1946 hingga akhir 1949.

Di samping prestasinya dalam mempertahankan persatuan Tanah Air, hal yang dikenal tentang TB Simatupang adalah ketegangan yang terjadi antara dirinya dan Presiden Soekarno.

Ketegangan ini timbul saat Soekarno memutuskan untuk tetap berada di Yogyakarta saat Belanda melancarkan Agresi Militer II pada 19 Desember 1948, meskipun sebelumnya ia menyatakan niat untuk bergerilya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network