Viral Wine Punya Sertifikasi Halal, Surveyor Indonesia: Itu Hoaks

Suparjo Ramalan
Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Produk wine mempunyai sertifikasi halal viral di sosial media Twitter beberapa hari lalu. Hal ini pun menjadi heboh.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero), M. Haris Witjaksono, mengatakan klaim minuman beralkohol dengan merek NABIDZ tersebut hanyalah kabar bohong alias hoaks.

Meski belum menelaah secara mendalam kasus tersebut, Haris menduga ada tindakan pemalsuan atas kepemilikan sertifikasi halal untuk minuman beralkohol tersebut. Paslanya, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama memiliki mekanisme yang ketat terkait penerbitan sertifikasi halal untuk sebuah produk.

Dengan demikian, Sehingga, tidak ada alasan mendasar jika produk wine memiliki sertifikasi halal, sekalipun melewati proses penilaian dari BPJPH.

"Case-nya, sejujurnya saya belum (kajian mendalam), saya harus masuk ke dalam case-nya. Bisa jadi pemalsuan, informasi label, kemudian kalau proses sertifikasinya sendiri saya kira tidak akan muncul wine itu sampai mendapatkan label halal," ujar Haris, pada media gathering, Senin (31/7/2023).

"Kalau memang mereka melewati proses penilaian yang benar, dia tidak akan dapat label halal, perkaranya pemalsuan," ungkap Haris.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network