Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk UMKM, Tingkatkan Penjualan Essential Oil di Medan 5 Kali Lipat

Jafar
Inisiatif hyperlocal Tokopedia untuk UMKM, tingkatkan penjualan essential oil di Medan 5 kali lipat. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Selama hampir 14 tahun berdiri, Tokopedia terus berupaya mempermudah pelaku usaha di Indonesia, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), memulai dan membangun bisnis. 

"Sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia dan hampir 100 persen pelaku UMKM, termasuk dari Medan, Sumatera Utara. Untuk mendorong kemajuan belasan juta penjual ini, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif, salah satunya Hyperlocal," kata Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz di Medan, Rabu (21/6/2023).

Hyperlocal mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun berada, agar pelaku usaha punya kesempatan sama untuk tumbuh, tanpa harus pindah ke ibu kota. Salah satu manifestasi Hyperlocal, yaitu Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Kehadiran inisiatif Hyperlocal Tokopedia telah berdampak positif bagi pelaku UMKM lokal. 

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) 2023 mencatat tiga alasan teratas penjual menggunakan Tokopedia, yaitu: kemudahan memulai bisnis (84,01%), meningkatkan jumlah penjualan dan pelanggan (65,13%) dan mendapatkan fleksibilitas waktu (60,77%). 

Riset ini juga mengungkapkan penjual baru di Tokopedia mengalami peningkatan rata-rata pendapatan per bulan menjadi Rp7.865.628, sementara penjual lama menjadi Rp10.783.999, di tahun 2022.

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network