Daftar Mobil yang Capai Harga Rp1 Miliar Boleh Isi Pertalite

fadli ramdan
BBM Pertalite (Foto: Okezone)

iNewsMedan.id- Wacana pembatasan pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite masih dimatangkan oleh pemerintah Indonesia dan Pertamina. Rencananya, mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400 cc tak boleh menenggak Pertalite.

Mobil-mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400 cc dianggap kendaraan mewah dengan harga yang mencapai lebih dari Rp200 juta. Tapi, beberapa pabrikan mobil terkemuka ada yang membekali mobil mereka dengan mesin kecil.

Kendaraan roda empat yang masuk dalam kategori mobil mewah itu bisa mengisi Pertalite jika aturan pembatasan pembelian ditetapkan. Ini harus menjadi perhatian pemerintah, mengingat mobil-mobil tersebut memiliki harga fantastis.

Bahkan, ada mobil yang memiliki kapasitas mesin tak sampai 1.400 cc dibanderol dengan harga Rp1 miliar. Jelas, pemilik kendaraan tersebut tidak masuk dalam kriteria pemerima bahan bakar bersubsidi jenis Pertalite.

Berikut daftar mobil dengan harga mencapai Rp1 miliar yang boleh isi Pertalite seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Mercedes-Benz A-Class

Mercedes-Benz A-Class memang dianggap sebagai varian entry level dalam keluarga besar Mercedes-Benz. Mobil ini masuk dalam varian termurah yang dijual pabrikan asal Jerman itu yang dibekali mesin di bawah 1.400 cc.

Mercedes-Benz A-Class menggunakan mesin baru berkode M 282 dengan spesifikasi 4 silinder 1,3 liter turbocharger direct injection yang menghasilkan tenaga maksimal 163 hp dan torsi maksimum 250 Nm.

Tenaga yang dikeluarkan mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed kopling ganda dan menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 8 detik dan kecepatan maksimal mencapai 230 km/jam.

Memiliki kapasitas mesin 1.332 cc memungkinkan mobil Mercedes-Benz A-Class menenggak Pertalite jika aturan pembatasan BBM bersubsidi ditetapkan. Padahal, mobil ini dibanderol mulai dari Rp700 jutaan.

Mercedes-Benz A 200 Hatchback Progressive Line: Rp739 juta

Mercedes-Benz A 200 Sedan Progressive Line: Rp882 juta.

Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line

Mercedes-Benz CLA-Class merupakan mobil yang memiliki desain unik, yakni mengadopsi gaya coupe tapi memiliki empat pintu. Khusus untuk tipe CLA 200 AMG Line, mobil ini memiliki kapasitas mesin 1.332 cc.

Memiliki basis yang sama seperti varian Mercedes-Benz A-Class, mobil CLA 200 AMG Line juga menggunakan mesin empat silinder segaris. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 163 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk konsumsi bahan bakar, Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line bisa menghabiskan 5.5-5.1 liter per 100 kilometer. Mobil bisa lebih boros jika diisi Pertalite karena proses pembakaran yang tidak sempurna.

Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line Rp910 juta.

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network