Ganggu Aktivitas, Ini 5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Tim Okezone , Okezone
Ilustrasi Sakit Gigi. (Foto: Shutterstock)

GIGI berlubang kerap menyebabkan gusi menjadi bengkak hingga terjadinya sakit gigi

Gusi bengkak sendiri, terjadi ketika adanya peradangan pada area gusi akibat bakteri. Semakin dalam lubang pada gigi, maka bakteri juga semakin banyak. Jika lubang sudah mencapai saluran akar, bakteri akan masuk sampai ke ujung akar. Pada ujung akar, bakteri terjebak dan memicu peradangan.

Gusi bengkak tentu saja mengganggu kita beraktivitas. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi yang bengkak akibat gigi berlubang? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan, seperti dilansir dari KlikDokter:

Gunakan Antibiotik

Pembengkakan pada gusi disebabkan oleh bakteri yang berada di gigi berlubang. Jadi, untuk mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang, bisa menggunakan obat antibiotik. Namun, antibiotik tidak boleh digunakan sembarangan. Kamu harus menggunakannya sesuai dengan resep dokter. Jika tidak, bakteri bisa kebal, sehingga dokter akan memberikan obat pengganti dengan dosis lebih tinggi.

Konsumsi Obat Antinyeri

Penggunaan obat antinyeri bisa menjadi cara mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang. Jika antibiotik bertugas untuk mengatasi sumber infeksi, obat antinyeri akan membantu mengurangi rasa nyeri. Beberapa obat antinyeri yang umum digunakan, di antaranya asam mefenamat, ibuprofen, diklofenak, dan paracetamol.

Namun, perlu kamu ingat, konsumsi antinyeri tanpa antibiotik hanya akan membuat sakit hilang, sedangkan sumber infeksi masih ada. Oleh karena itu, nyeri yang mereda hanya akan berlangsung sementara.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan ketika akan mengonsumsi obat antinyeri. Sebab, ada beberapa obat yang justru akan berbahaya jika digunakan bersama-sama. Namun yang jelas, konsumsi obat antinyeri dapat dilakukan bersamaan dengan antibiotik.

Gunakan Obat Kumur

Untuk menghilangkan gusi bengkak akibat gigi berlubang, cara ini juga bisa dilakukan. Menggunakan obat kumur akan membuat proses penyembuhan lebih baik. Selain itu, kandungan antibakteri dalam obat kumur memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan rongga mulut. Gunakanlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol, agar tidak membuat rongga mulut semakin asam.

Mengenai cara berkumur, kamu tinggal mengambil segelas air putih, teteskan obat kumur secukupnya, lalu berkumurlah. Kamu bisa berkumur selama 30 detik dengan meratakan ke seluruh sisi gigi. Lakukan ini minimal sekali sehari. Obat kumur harus dicampurkan dengan air putih. Jika hanya menggunakan obat kumur, gigi berisiko menjadi sensitif karena beberapa bahan akan mengiritasi permukaan gigi.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network