get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

9 Penyebab Gusi Bengkak yang Wajib Diketahui, Nomor 7 Kekurangan Vitamin C

Selasa, 06 September 2022 | 17:00 WIB
header img
Penyebab gusi bengkak cukup beragam. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Penyebab gusi bengkak cukup beragam. Namun, pada kebanyakan kasus, hal itu terjadi akibat kebiasaan sehari-hari yang tidak benar, seperti kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Anda perlu memahami penyebab gusi bengkak agar dapat mencegah Anda mengalami kondisi tersebut.

Ketika gusi bengkak, bukan hanya rasa tidak nyaman di area mulut yang Anda rasakan, tetapi juga nyeri hingga sakit kepala. Jika kondisinya sudah sangat buruk, gusi bengkak bahkan bisa menyebabkan komplikasi serius.

Sebab itu, Anda perlu mengetahui penyebab gusi bengkak. Ini demi menghindari atau mencegah gusi bengkak akibat kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Lantas, apa saja penyebab gusi bengkak? Berikut daftarnya seperti dilansir dari laman resmi Mount Sinai Hospital New York, Sabtu (3/9/2022). 

1. Gusi yang meradang (gingivitis)

Gusi yang meradang atau gingivitis bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Penyakit gusi yang satu ini diakibatkan oleh kebersihan mulut yang buruk. 

2. Infeksi virus atau jamur 

Penyebab gusi bengkak berikutnya, yakni infeksi virus atau jamur. Ada beberapa masalah infeksi pada mulut yang bisa menyebabkan gusi bengkak. Di antaranya virus Herpes (HSV-1), coxsackievirus, terinfeksi bakteri tertentu, hingga kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut