Lanud Soewondo Akan Dipindahkan ke Lahan Sawit PTPN II di Deliserdang

Iqbal Dwi Purnama
Lanud Soewondo akan dipindahkan ke lahan sawit PTPN II seluas 1.170 ha di Deli Serdang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meninjau lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang digarap PTPN II di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Hadi menyebut, Lahan itu akan digunakan untuk pembangunan Landasan Udara (Lanud) TNI AU

Lanud TNI AU Soewondo akan dipindahkan dari eks Bandara Polonia di Medan ke lahan milik PTPN II tersebut. Lanud tersebut bakal dibangun di atas lahan seluas 1.170 hektare (ha) yang saat ini menjadi lahan perkebunan untuk sawit dan tebu yang dikelola PTPN II.

"Saya didampingi Dirut PTPN, dan Kakanwil untuk melihat lokasi lahan tempat pengganti Lanud Soewondo. Tempatnya ada di wilayah Hamparan Perak, luas yang sudah kita ukur adalah 1.170 hektare milik PTPN II," kata dia dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Dia menjelaskan, alasan pemindahan tersebut didasari oleh anggapan bahawa Lanud Soewondo sudah kurang layak untuk dioperasikan. Sebab terlalu dekat dengan pemukiman dan sudah banyak bangunan di sekitarnya.

"Setelah kita lihat ke sana, lahannya bagus untuk membangun pangkalan udara, memang bersattus HGU aktif, masih ditanami kelapa sawit dan tebu," ujarnya.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network