Kisah Sukses Pendiri Uniqlo Tadashi Yanai, Anak Tukang Jahit yang Jadi Konglomerat

Ikhsan Permana SP
Kisah sukses Bos Uniqlo tadashi Yanai, anak tukang jahit jadi konglomerat berharta Rp353,6 triliun. Foto: Reuters

JAKARTA, iNews.id - Kesuksesan perusahaan ritel fesyen asal Jepang, Uniqlo, tak bisa dilepaskan dari peran sang pendirinya, Tadashi Yanai.

Dia membangun karier dan perusahaannya dari nol. Sebelum mendirikan Uniqlo, Yanai sudah mencoba peruntungan di berbagai bidang pekerjaan.

Yanai lahir pada 7 Februari 1949 dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang penjual pakaian. Keluarganya memiliki sebuah toko pakaian di ruko sekaligus tempat tinggal. Toko pakaian berada di lantai satu, sedangkan mereka tinggal di lantai dua.

Yanai berhasil menyelesaikan kuliahnya pada 1971 di Universitas Waseda, Jepang. Dia memperoleh gelar di bidang ekonomi dan politik. Setelah lulus, dia bekerja di bidang retail karena paksaan dari sang ayah.

Dia pun memulai kariernya sebagai penjual pakaian dan peralatan dapur di salah satu waralaba Jepang bernama Jusco. Namun tak bertahan lama, karena Yanai memutuskan untuk mencari peruntungan lain. 

Dia kemudian diajak oleh orang tuanya untuk mengembangkan bisnis keluarga. Sempat berat hati, namun akhirnya dia mendapatkan motivasi untuk membesarkan toko jahit sang ayah, Ogori Shoji.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network