Jelang Idul Adha, Kapolda Sumut Datangi Rumah Ternak Hewan Qurban

Jafar
Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, mendatangi Peternakan RKJ untuk mengecek kondisi hewan ternak dalam menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, mendatangi Peternakan RKJ di Jalan Dalu 10 B, Gang Keluarga, Kabupaten Deliserdang, Jumat (8/7/2022) petang.

Kedatangan Panca bersama dokter hewan untuk mengecek kondisi hewan ternak dalam menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Tiba di lokasi, Panca berdialog dengan pemilik peternakan dan tim kesehatan untuk mengetahui kondisi terkini hewan ternak yang akan disembelih pada Perayaan Idul Adha 1443 H.

Kemudian, Panca juga melihat langsung serta memastikan hewan-hewan ternak yang nantinya akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan tidak tertular wabah penyakit kuku dan mulut (PMK).

"Kedatangan saya ke peternakan ini untuk mengecak memastikan hewan kurban sehat dan tidak tertular wabah PMK," jelasnya.

Panca menyebut, Tim Gugus Tugas di daerah sudah berjalan melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memastikan kondisi hewan yang diperjualbelikan dalam kondisi sehat.

"Dalam pelaksanaan Idul Adha 1443 H di Kabupaten/Kota hewan ternak kondisinya sehat. Makanya tim masih terus berada di lapangan termasuk dari provinsi yang dilakukan," terangnya.

Panca mengaku, bahwasanya untuk pengecekan hewan ternak di Deliserdang, berjalan cukup baik termasuk proses vaksinasi serta pemeriksaan surat sehat terhadap hewan ternak.

"Masyarakat jangan khawatir. Hewan kurban yang diperjualbelikan saya pastikan dalam kondisi sehat," ujarnya.

"Secara umum meskipun terjadi peningkatan penularan wabah PMK terhadap hewan ternak tetapi kesembuhan terhadap hewan terjangkit PMK juga cukup tinggi. Hal itu karena petugas telah menjalankan prosedur SOP seperti isolasi, serta vaksinasi," tambahnya.

Senada dengan itu, dokter hewan dari Dinas Peternakan Pemprov Sumut, Tesra Ananta, menerangkan sebanyak 1.600 hewan ternak sudah divaksin tahap pertama di 7 kabupaten.

Ananta mengatakan, Provinsi Sumut juga baru mendapat vaksin tahap kedua sebanyak 10.00 dosis yang akan segera didistribusikan. "Ini nanti yang akan kita alokasikan lagi ke kabupaten kota lainnya," pungkasnya.

Turut mendampingi, Direktur Reskrimsus Polda Sumut Kombes Pol John Nababan, Direktur Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Wisnu Adji, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network