get app
inews
Aa Read Next : Bobby Nasution Raih Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

APFI 2022 di Medan, Foto Rohingnya Hingga PON di Merauke Jadi Foto Terbaik

Senin, 06 Juni 2022 | 20:34 WIB
header img
Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2022 resmi diselenggarakan di Kota Medan, Jumat (3/6/2022). (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Ketua Umum PFI Pusat Reno Esnir menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh penerima APFI 2022. Bahkan, Reno juga mengapresiasi pemerintah, PFI Medan, dan seluruh stakeholder yang telah mendukung APFI 2022 di Kota Medan.

“Selamat kepada seluruh penerima Anugerah, mulai dari foto Rohingnya di Aceh hingga foto PON di Merauke berhasil menjadi yang terbaik. Juga terima kasih kepada semua pihak yang mendukung APFI 2022, award ini tidak akan terselenggara tanpa bantuan dari semua mitra dan stakeholder yang mendukung,” ujarnya.

Kemudian, saat puncak awarding, Wali Kota Medan menyerahkan Alex & Frans Mendur trophy beserta trophy lainnya kepada penerima Photo of The Year, PFI Kota Award, dan Lifetime Achievement Award.

PFI Medan diwakili Ketua, Rahmad Suryadi berhasil menerima anugerah Best Management Award. Sedangkan, Ketua PFI Surabaya, Suryanto menerima Best Performance Award. Diketahui, kedua gelar itu merupakan bagian dari penghargaan untuk pengurus PFI Kota yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik dalam satu tahun terakhir.

Sementara, Lifetime Achievement Award diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada pewarta foto yang sudah berpulang akibat wabah Covid-19. Almarhum Saiful Bahri (Antara Foto) dan Yuyung Abdi (Jawa Pos) terpilih atas dedikasinya sebagai pewarta foto senior yang berintegritas dan giat menyebarluaskan semangat foto jurnalistik semasa hidupnya.

Lalu, Penerima Photo of The Year, pewarta foto dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Galih Pradipta. Di mana, Galih terpilih melalui foto esai-nya yang merekam kegiatan warga Papua yang sangat antusias saat sedang menonton pertandingan Pekan Olahraga Nasional 2021 di Merauke, Papua.

Ketua penyelenggara, Dwi Pambudo, mengucap syukur dan terima kasih karena gelaran awarding APFI 2022 berjalan sukses dan lancar. “Alhamdulillah Wa Syukurillah, terima kasih kepada Pemprov Sumatera Utara, Pemkot Medan, PFI Medan, pengurus PFI Kota se-Indonesia, dan seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga larut pagi dalam mempersiapkan agenda kebanggaan wartawan foto tanah air ini,” ucapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut