get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idulfitri 1445 H, Pj Gubernur Sumut: Stok Cukup dan Harga Pangan Stabil

6 Kabupaten/Kota di Sumut Mulai Diserang Penyakit PMK, Termasuk Medan

Jum'at, 20 Mei 2022 | 10:50 WIB
header img
Petugas memeriksa kesehatan sapi limosin berbobot 1 ton di Desa Tegalsembadra, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. (Foto: Andrian Supendi)

Azhar mengungkapkan bahwa PMK ini, penyebaran penyakit ini dengan cepat. Pertama awal Mei 2022 dua provinsi, sekarang sudah ke 16 provinsi."Bangka Belitung saja tersendiri, sudah terkena 6 positif hewannya terkena," tutur Azhar.

Azhar mengatakan pihaknya sudah melakukan penanganan dan penanggulangan terhadap 1.013 ekor sapi terindikasi PMK. Sehingga angka kematian hewan ternak tidak ada.

"Yang sudah terindikasi ya, belum positif. Karena, belum diambil sempelnya ke Lab. di 6 Kabupaten/Kota Batubara, Asahan, Kota Medan, Binjai. Semuanya terkendali, belum ada yang mati dan masih bisa terobati.Kita lakukan penanggulangan 1.013 ekor ternak terindikasi (PMK) di Sumatera Utara. Alhamdulillah belum ada yang mati," kata Azhar.

Begitu juga, Azhar mengatakan Pemerintah Indonesia akan mendatangkan vaksin PMK dari luar negeri dan akan juga diciptakan vaksin dari dalam negeri untuk penanganan wabah ini.

"Pemerintah Pusat lagi mengurus vaksinnya, pertama mendatangi dari luar negeri dan kedua ciptakan vaksin dari dalam negeri,"pungkasnya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut