get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idulfitri 1445 H, Pj Gubernur Sumut: Stok Cukup dan Harga Pangan Stabil

6 Kabupaten/Kota di Sumut Mulai Diserang Penyakit PMK, Termasuk Medan

Jum'at, 20 Mei 2022 | 10:50 WIB
header img
Petugas memeriksa kesehatan sapi limosin berbobot 1 ton di Desa Tegalsembadra, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. (Foto: Andrian Supendi)

MEDAN, iNews.id-  Hewan ternak di  6 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara mulai diserang penyakit mulut dan kaki (PMK). Namun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut klaim saat ini penanganan dilakukan dengan baik.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sumut, M. Azhar Harahap mengatakan keenam daerah hewan ternak diduga terjangkit PMK tersebut, yakni Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Asahan, dan Kabupaten Batubara.

"Sampel yang diambil dari suspek hewan ternak oleh Balai Veteriner Medan menyebut 7 ekor hewan ternak positif PMK di Kabupaten Langkat dan 12 hewan ternak positif PMK di Kabupaten Deliserdang," ucap Azhar  kepada wartawan, usai menggelar Rapat Kordinasi Pengendalian PMK di Sumatera Utara di Kantor Gubernur Sumut, Kamis sore, 19 Mei 2022.

Sementara 4 daerah lain, sedang dilakukan pengambilan sampel sehingga belum bisa dinyatakan positif PMK. Dengan itu, Azhar dalam penanganan PMK harus dilakukan bersama antar stekolder terkait.

"Semua ternak terindikasi sudah kita tangani, tidak ada yang mati. Infeksi sekunder Alhamdulillah sudah membaik, makan sudah bagus. Pengendalian penyakit kita lakukan, terkendali dan masih tertangani dengan baik," jelas Azhar.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut