get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Menghargai Karya Orang Lain di Internet Ciptakan Kerukunan di Dunia Digital

Kamis, 28 April 2022 | 13:44 WIB
header img
Peluncuran produk baru Rumah Pintar Digital Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) berkolaborasi bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), Kamis (31/3/2022). (Foto: Odi Siregar)

Sikap menghormati bukan hanya diperlukan dalam dunia nyata namun juga di dunia digital. Terutama dengan banyaknya konten-konten yang tersebar di media digital, diperlukannya sikap saling menghormati terhadap konten dan pemilik konten di media digital. Konten merupakan karya yang memerlukan usaha dan waktu dalam membuatnya. 

"Dengan menghargai suatu konten, pembuat konten tersebut pasti akan merasa senang apabila banyak orang yang mengapresiasi karyanya. Terdapat beberapa cara untuk menghargai karya orang lain di internet diantaranya memberi pujian dan kritik yang membangun, membantu menyebarkan konten yang baik dan positif, membeli produk serta jasa yang ditawarkan di media digital, tidak melakukan plagiarisme, dan memberikan komentar yang baik," terangnya.

Menghargai karya orang lain di internet turut menciptakan suasana media digital yang kreatif dan produktif. Dengan mendapatkan dukungan yang layak, para pembuat konten akan lebih banyak lagi menghasilkan konten yang baik dan bermanfaat. 

Selain itu, dengan menghormati karya orang lain, secara tidak langsung seseorang telah menjalankan perintah agama dan turut menciptakan Indonesia yang damai, inklusif, dan semangat bertoleransi. 

"Maka dari itu, diharapkan setiap orang mampu menghargai karya orang lain, selain dapat menyenangkan orang lain, tapi juga dapat membantu dapat menghormati perbedaan, mengasah empati, dan kecerdasan sosial emosional sehingga setiap orang memiliki kemampuan literasi digital yang lebih baik dan dapat menggunakan media digital dengan lebih baik dan produktif," pungkasnya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut