get app
inews
Aa Read Next : Putin Sebut Negara Barat Tak Boleh Dibiarkan Memonopoli Pengembangan Kecerdasan Buatan

1.300 Warga Kota Mariupol di Ukraina Tewas Terbunuh oleh Tentara Rusia

Sabtu, 12 Maret 2022 | 08:56 WIB
header img
Setidak 1.300 warga Mariupol Ukraina terbunuh oleh tentara Rusia akibat invasinya. Foto/Layanan Pers Kepolisian Nasional Ukraina/Handout via REUTERS

MARIUPOL, iNews.id - Setidak 1.300 warga Mariupol Ukraina terbunuh oleh tentara Rusia akibat invasinya. Kini Mariupol menjadi salah satu kota Ukraina yang paling menderita akibat invasi Rusia. 

Wali Kota Vadym Boichenko menyebut "armageddon" terjadi di kotanya dengan mayat tersebar di mana-mana. Boichenko mengatakan penduduk Mariupol yang dikepung pasukan Moskow telah merasakan "neraka" dua hari. 

Dalam sebuah video yang di-posting online, Boichenko mengatakan pesawat-pesawat Rusia terbang di atas daerah pemukiman kota setiap 30 menit. "Dan membunuh warga sipil: orang tua, wanita, anak-anak," katanya. Penduduk Mariupol telah hidup tanpa air dan listrik selama beberapa hari, dan merasakan kekurangan makanan dan obat-obatan. 

Pejabat setempat mengatakan pasukan Rusia tak hanya mengepung, tapi juga meluncurkan tembakan berat. Kondisi itula yang menyebabkan penduduk tidak dapat mengungsi. "Sembilan hari tanpa makanan, pemanas, dan mayat di mana-mana di jalan ini," kata Petro Andryuschenko, penasihat kantor wali kota, kepada The Washington Post, yang dilansir Jumat (11/3/2022). 

"Apa yang bisa lebih buruk dari ini? Satu-satunya rumah sakit yang tersisa penuh dengan orang." Dia memperkirakan bahwa 1.300 penduduk Mariupol telah tewas di kota itu sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari. Pada hari Rabu, serangan Rusia menghantam rumah sakit bersalin dan anak-anak Mariupol, menyebabkan tiga orang tewas dan 17 luka-luka. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut