get app
inews
Aa Read Next : 34 Pemda di Sumut dan Aceh Sabet Penghargaan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Perkuat Layanan dengan Inovasi Digital dan Akses Keliling

Jum'at, 06 September 2024 | 07:30 WIB
header img
Kepala Bagian MKK BPJS Kesehatan Cabang Medan, Faisal Bukit saat memberikan keterangan layanan inovasi digital dan akses keliling BPJS Kesehatan, Kamis (5/9). (iNewsMedan.id/Ismail)

MEDAN, iNewsMedan.id- BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam mempermudah akses layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Melalui layanan BPJS Keliling dan inovasi digital seperti PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) dan CHIKA (Chat Assistant JKN), BPJS Kesehatan menghadirkan solusi praktis yang mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan mengusung konsep "jemput bola", BPJS Keliling bertujuan menjangkau masyarakat di daerah-daerah yang jauh dari kantoar cabang. Kepala Bagian MKK BPJS Kesehatan Cabang Medan, Faisal Bukit, menjelaskan bahwa layanan BPJS Keliling memfasilitasi berbagai kebutuhan administrasi, seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data, hingga pencetakan ulang kartu JKN-KIS.

"Melalui BPJS Keliling, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk mengurus administrasi. Mereka bisa mendaftar sebagai peserta JKN-KIS atau memperbarui data pribadi dengan lebih mudah," ujar Faisal Bukit, Kamis (5/9/2024).

Selain itu, BPJS Keliling juga menjadi sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan program BPJS Kesehatan kepada masyarakat luas. "Kami juga menyediakan layanan pendaftaran aplikasi Mobile JKN, sehingga peserta dapat mengakses informasi dan layanan BPJS Kesehatan secara online melalui perangkat mobile mereka," tambah Faisal.

Namun, tidak hanya layanan keliling yang menjadi fokus BPJS Kesehatan. Dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan layanan yang semakin cepat, BPJS Kesehatan juga memperkuat sistem digital melalui layanan PANDAWA dan CHIKA. Layanan ini memungkinkan peserta untuk melakukan administrasi dengan mudah melalui platform digital tanpa harus keluar rumah.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut