get app
inews
Aa Read Next : IKA UT dan BPDPKS Edukasi Masyarakat soal Kelapa Sawit

PT KIS Biofuels Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik BioCNG Komersial di Labusel, Begini Penampakannya

Senin, 12 Agustus 2024 | 20:47 WIB
header img
PT KIS Biofuels Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik BioCNG Komersial di Labusel, Begini Penampakannya. (Foto: Istimewa)

LABUSEL, iNewsMedan.id - PT KIS Biofuels Indonesia memulai pembangunan pabrik BioCNG Komersial ke-2 di Indonesia. Pabrik ini berlokasi di Pabrik Kelapa Sawit Tasik Raja milik Anglo-Eastern Plantation PLC di Desa Bukit Tujuh, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara (Sumut).

CEO PT KIS Biofuel Indonesia, KR Raghunath, melalui Head of Legal, Yasmine Surachman, mengatakan pabrik BioCNG ini dirancang dengan kapasitas pengolahan 12,6 juta m3 Biogas Mentah per tahun dan menghasilkan 7,23 juta m3 BioMethane/BioCNG.

"Pabrik ini diharapkan dapat beroperasi secara Komersial pada bulan Desember 2024 dan mencapai kapasitas penuh pada kuartal I-2025," ujar Yasmine, Senin (12/8/2024).

Yasmine mengungkapakan bahwa proyek kedua ini memiliki fitur khusus yang mengharuskan BioCNG diangkut dengan truk BioMethane. Proyek ini bahkan diklaim akan menjadi pertama kalinya truk BioMethane skala besar digunakan di Indonesia.

"Pabrik BioCNG ini akan menjadi yang terbesar di Indonesia, dengan investasi senilai USD 4,2 juta atau sekitar Rp 66 miliar. Proyek ini juga telah berhasil didaftarkan untuk mendapatkan Karbon kredit. Kami berharap proyek ini dapat mencapai pengurangan emisi sebesar 1,3 Juta MT CO2/tahun," jelas Yasmine.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut