get app
inews
Aa Read Next : Medan Selayang Juara Umum MTQ, Ini Harapan Bobby Nasution

Atasi 7 Titik Banjir, Kolam Retensi Selayang Ditargetkan Selesai Oktober 2024

Selasa, 30 Juli 2024 | 17:15 WIB
header img
Kolam Retensi Selayang, Jalan Abdul Hakim, Medan Selayang, Kota Medan. (Foto: Dok Pemko Medan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pembangunan Kolam Retensi Selayang Tahap II telah mencapai 30 persen. Proyek yang mulai dikerjakan 19 April dan sesuai dengan kontrak berakhir 13 Desember 2024 bisa mengatasi 7 titik lokasi banjir di Kecamatan Medan Selayang.

“Ini masih dalam masa pekerjaan. Dan untuk mengantisipasi kendala cuaca, kita targetkan selesai akhir Oktober 2024,” ujar Kabid Sumber Daya Air Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Medan, Gibson Panjaitan, di lokasi pembangunan Kolam Retensi Selayang, Jalan Abdul Hakim, Medan Selayang, Selasa (30/7/2024).

Pekerjaan Tahap I, tambahnya, telah selesai pada Desember 2023. Pada tahap itu dilakukan pemancangan sheetpile atau tiang beton penahan tanah pada kedua kolam.


Kolam Retensi Selayang, Jalan Abdul Hakim, Medan Selayang, Kota Medan. (Foto: Dok Pemko Medan)

Gibson yang juga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Proyek Pembangunan Kolam Retensi ini melanjutkan, saat ini tengah dilakukan pekerjaan penggalian dan pembersihan sekaligus pembuatan lantai kolam pertama. 

“Saat ini kita sedang merakit besi untuk lantai kolam pertama,” sebutnya.

Dia menerangkan, kolam retensi ini terdiri atas dua. Kolam pertama ini berfungsi menampung dan menyaring limpahan air Sei Selayang yang berada di samping lokasi pekerjaan. Kolam pertama ini memiliki luas 8.910 meter persegi dengan kedalaman 5 meter. Selanjutnya, air dialirkan ke kolam kedua yang memiliki luas  21.700 meter persegi dengan kedalaman 3 meter. Kedua kolam ini memiliki volume 109.650 meter kubik.   

“Kolam Retensi Selayang ini menampung dan mengalihkan limpahan air Sei Selayang ke Sei Sikambing,” sebutnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut