get app
inews
Aa Read Next : Begini Sikap Presiden Terpilih Prabowo Subianto Soal Tapera

Demo Tolak Tapera, Mahasiswa Smackdown Polisi hingga Kepala Bocor Terbentur Aspal

Rabu, 10 Juli 2024 | 11:37 WIB
header img
Aksi unjuk rasa penolakan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di depan Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (8/7/2024) berujung ricuh. Foto:(Foto: iNews/Leo Muhammad Nur)

MAKASSAR, iNewsMedan.id - Aksi unjuk rasa penolakan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di depan Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (8/7/2024) berujung ricuh. Seorang anggota polisi terluka di bagian kepala usai dibanting alias smackdown oleh mahasiswa pengunjuk rasa.

Video viral yang beredar di media sosial menunjukkan detik-detik Bripka Sulaiman, anggota Polsek Rappocini, dibanting oleh seorang mahasiswa dengan gerakan seperti atlet UFC. Peristiwa ini menyebabkan luka di bagian belakang kepala Bripka Sulaiman hingga bocor dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kericuhan terjadi saat massa aksi memblokade dua arah jalur Trans Sulawesi menggunakan mobil kontainer dan membakar ban bekas. Aksi ini menimbulkan kemacetan panjang, sehingga polisi terpaksa membubarkan paksa para pengunjuk rasa.

Situasi memanas dan berujung pada tindakan anarkis dari para demonstran. Petugas kepolisian mengamankan sejumlah provokator dan pelaku penganiayaan terhadap Bripka Sulaiman. Sebanyak delapan orang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Devi Sujana, mengungkapkan bahwa delapan mahasiswa yang telah ditetapkan tersangka langsung ditahan. Mereka berinisial AK (20), AM (20), SU (23), HA (18), AY (20), AN (20), MU (20), dan SA (20).

"Kami masih melakukan pengembangan dalam insiden tersebut," ujar Kompol Devi, Selasa (9/7/2024).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut