get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Multi Terminal Implementasi PTOS-M di Makassar dan Balikpapan

Keindahan Masjid Amirul Mukminin, Bentuknya Menyerupai Rumah Terapung Tradisional Makassar

Jum'at, 23 Februari 2024 | 12:00 WIB
header img
Keindahan Masjid Amirul Mukminin, Bentuknya Menyerupai Rumah Terapung Tradisional Makassar. (Foto: Instagram @4rifgunawan)

MAKASSAR, iNewsMedan.id - Terdapat masjid unik yang tampak terapung di Makassar. Tentu, hal ini menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Kota Jeddah di Arab Saudi memiliki Masjid Ar-Rahman yang dikenal sebagai masjid terapung, Indonesia pun memiliki masjid serupa. Singgah ke Makassar, pantai menjadi salah satu objek wisata terpopuler yang wajib dikunjungi.

Namun, kali ini jika berwisata ke Makassar, singgahlah ke kawasan wisata Pantai Losari. Terutama bagi Anda umat Islam yang ingin berwisata religi.

Pantai Losari tak hanya menghadirkan objek wisata yang eksotis. Berada di sini, traveler dapat menikmati pemandangan berbeda, yaitu bisa berwisata di Masjid Terapung. Masjid ini bernama Amirul Mukminin.

Menariknya, masjid ini dibangun di atas tumpukan beton yang didorong ke dasar laut dan bentuknya menyerupai rumah terapung tradisional.

"Yang lagi di Makassar bisa nih berwisata religi ke salah satu masjid apung keren ini. Bernama Masjid Amirul Mukminin, masjid ini dibangun dengan konsep floating mosque. Masjid Amirul Mukminin dibangun di atas tumpukan beton yang didorong ke dasar dasar laut dan bentuknya menyerupai rumah panggung tradisional Makassar serta Bugis. Kawasan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto dolan dari @adi_mrizal," tulis Instagram @ayodolan.

Masjid ini didominasi warna putih dan abu-abu. Berada di Teluk Makassar, tepatnya satu kilometer dari anjungan Pantai Losari. Masjid yang dibangun pada 2009 ini menjadi kebanggaan masyarakat Makassar.

Masjid dengan arsitektur yang memadukan konsep modern kontemporer dan Islami terlihat indah berdiri di atas permukaan laut. Masjid yang kini menjadi ikon Kota Makassar ini terdiri dari tiga lantai, selain berfungsi sebagai sarana ibadah, juga menjadi tempat wisata.

Terdapat dua kubah berdiameter 9 yang bercorak mozaik gradasi biru dan putih mengkilat, menjadikan masjid ini terlihat indah. Juga terlihat kokoh dengan pondasi 164 tiang pancang di bawahnya. Masjid yang memiliki luas 1.683 m2 ini mampu menampung sekitar 400 - 500 jemaah.

Berada di sini, traveler dapat menikmati keindahan pesisir pantai Makassar dari Masjid Amirul Mukminin. Jika berada di sini saat senja, Anda dapat menikmati sunset di bagian teras masjid. Tidak hanya itu, banyak spot-spot yang menjadi daya tarik pengunjung untuk sekadar berfoto.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut