get app
inews
Aa Read Next : Partai Golkar Target 60 Persen Kemenangan di Pilkada Serentak 2024

Halalbihalal dan Temu Kangen KAGAMA Momentum Peningkatan Pendidikan Melalui UGM Online

Rabu, 15 Mei 2024 | 07:15 WIB
header img
Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) menggelar halalbihalal dan temu kangen di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu, 12 Mei 2024, bertempat di lantai 10, Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan. (Ist)

Hadir juga Sekretaris DPRD Sumut, Zulkifli, Asisten Kajati Sumut, Tumpal Hasibuan, Direktur Utama Bank Sumut, Babay Parid Wazdibeserta jajaran Direksi dan Staf, Walikota Pematangsiantar, dr. Susanti Dewayanti, Sp.A. 

Juga hadir Ketua Kagama Pertanian Pusat, Hari Hardono, Ketua Pengurus Daerah (Pengda) KAGAMA Sumut, RM. Mulianta Sitepu, serta Ketua Pengcab-pengcab KAGAMA di Sumut. 

Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D dalam keterangannya mengungkapkan UGM baru saja meresmikan platform UGM Online yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses kursus online (digital) dan mendapatkan SKS. 


Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) menggelar halalbihalal dan temu kangen di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu, 12 Mei 2024, bertempat di lantai 10, Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan. (Ist)

Kursus digital ini, katanya,  akan menjadi bekal mahasiswa dalam meraih gelar akademik tertentu. "Kehadiran UGM Online ini juga diharapkan dapat memudahkan mahasiswa yang berada jauh dari Jogja untuk tetap menikmati pendidikan berkualitas," terang Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D. 

UGM, lanjutnya, siap memberikan bantuan untuk blended lecturing, bahkan dari universitas luar negeri guna mempermudah akses pendidikan. UGM juga akan memperkuat jaringan dengan KAGAMA, serta dunia kerja melalui platform LinkedIn. 

Prof. Ova Emilia juga menyampaikan terima kasih kepada para alumni dan mitra yang telah berkontribusi dalam mencapai prestasi UGM hingga saat ini. Dia juga menegaskan pentingnya kerjasama antara Kagama dan UGM, serta kerjasama dengan universitas lain di Sumatera Utara untuk menyelamatkan masa depan anak bangsa. 

"UGM tidak sendirian, kami siap bekerja sama dengan Pengda provinsi dan konsorsium bersama Universitas di Sumatera Utara untuk mencapai langkah-langkah bersama," ujar Prof. Ova Emilia. 

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin berharap KAGAMA Sumut menjadi penghubung dalam membangun sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sumut dengan UGM. Terutama dalam pemanfaatan hasil-hasil penelitian terapan. 

"Pemprov Sumut sangat terbuka untuk menerima masukan dari pengurus daerah dan para alumni UGM dalam merancang dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut 2025-2045," papar Hassanudin. 

Menurutnya, banyak hasil penelitian UGM yang bisa diaplikasikan di Sumut, terutama dalam menangani berbagai permasalahan pembangunan di berbagai sektor seperti pertanian, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Ia juga menekankan pentingnya peran alumni sebagai 'agent of promotion' yang bisa menjadi contoh kesuksesan dalam skala nasional maupun internasional. 

Ketua Pengurus Daerah Kagama Sumut, Mulianta Sitepu menambahkan, acara halalbihalal dan temu kangen ini menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan di antara ribuan alumni UGM Sumut yang tersebar di seluruh daerah. "Semangat persatuan dan kesatuan tetap menjadi kekuatan utama bagi Kagama Sumut," pungkas Mulianta Sitepu.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut