get app
inews
Aa Read Next : Pria Bertato Naga Ditemukan Tewas Mengambang di Pantai Imorenggo, Begini Ciri Fisiknya

Keunikan Waduk Sermo di Kulonprogo, Tawarkan Suasana Danau dan Pemandangan Sunset yang Indah

Selasa, 13 Februari 2024 | 13:00 WIB
header img
Keunikan Waduk Sermo di Kulonprogo, Tawarkan Suasana Danau dan Pemandangan Sunset yang Indah. (Foto: Instagram @chindyrellaa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat salah satu wisata yang menarik untuk dijelajahi oleh pelancong yang berkunjung ke Desa Hargowilis, Kulonprogo.

Travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta belum lengkap tanpa mengunjungi Kulonprogo. Perbukitan, pegunungan, hingga pantainya memiliki pesona yang menawan.

Anda wajib singgah ke Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Di sini terdapat objek wisata Waduk Sermo yang terlihat Instagramable. Bahkan, keindahannya hampir mirip dengan Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. 

Waduk yang diperkirakan memiliki luas 157 hektare ini merupakan bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah. Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996.

Waduk Sermo adalah sumber air bersih untuk PDAM dan untuk air irigasi persawahan daerah Wates dan sekitar. Selain dijadikan sebagai sumber air minum dan irigasi, Waduk Sermo juga menjadi salah satu tempat latihan dan lomba dayung.

Karena pemandangannya indah, Waduk Sermo memiliki potensi wisata dan edukasi. Apalagi bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Sermo menjadikan pemandangan semakin indah. Tak berbeda jauh dengan Waduk Jatiluhur yang bisa dilihat dari Gunung Lembu.

"Spot camping di Waduk Sermo yang Instagramable. #ayodolan ke Waduk Sermo di Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Meski namanya sudah terkenal di Yogya, keindahannya sungguh memesona. Dengan latar hijau pepohonan serta danau kebiru-biruan, dijamin kamu akan bisa bertah berlama-lama. Waduk Sermo sendiri sebenarnya hanya bendungan biasa, tapi ada salah satu spot di sini menyerupai pulau yang bisa untuk camping. Jadi, kalau kamu ingin camping cerita layaknya di Ranu Kumbolo, datanglah ke Waduk Sermo. Oh ya, selain camping kamu juga bisa duduk-duduk santai saat pagi hari di sini. Udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang ciamik dijamin bisa buat harimu makin ceria," tulis Instagram @ayodolan.

Beberapa wisatawan senang untuk berkunjung ke sini. Sebab di Waduk Sermo terdapat ikan "Setan Merah” atau ikan predator. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling sambil menikmati perbukitan Menoreh.

Salah satu keistimewaan Waduk Sermo bisa dilihat saat senja datang. Tidak sedikit anak muda dan penggemar fotografi menunggu untuk mendapatkan momen sunset.

Selain menjadi tempat wisata, Waduk Sermo juga digunakan sebagai bumi perkemahan Pramuka. Beberapa sekolah membawa para pelajar untuk berkemah di Bumi Perkemahan Waduk Sermo Kulonprogo.

Cara menuju Waduk Sermo bisa ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta dalam waktu kurang lebih 90 menit. Jarak Waduk Sermo dengan Kota Yogyakarta diperkirakan 40 kilometer. Waduk Sermo berada di sebelah Barat Kota Yogyakarta. Dekat dengan Jalan Raya Wates yang merupakan jalur Selatan Pulau Jawa.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut