get app
inews
Aa Read Next : BPD se-Indonesia Hadir di Danau Toba, Bank Sumut Promosikan Wisata Sejarah Bung Karno

Keunikan Situ Cipanten di Majalengka, Air Danau Berubah Jadi Kebiruan saat Hujan

Sabtu, 13 Januari 2024 | 12:00 WIB
header img
Keunikan Situ Cipanten di Majalengka, Air Danau Berubah Jadi Kebiruan saat Hujan. (Foto: Instagram @fahmikhatami)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat danau unik yang menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan di Desa Gunung Kuning, Kabupaten Majalengka.

Keunikan danau tersebut terlihat saat hujan, airnya jernih dan menjadi Kebiruan. Ya, danau tersebut kerap disebut Situ Cipanten.

Penasaran, dengan keindahan Situ Cipanten di Majalengka? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (12/1/2024).

Kampung Unik di Majalengka 

Pariwisata di Majalengka, Jawa Barat, memang belum terlalu terkenal seperti Bandung. Tetapi, jika dijelajahi, ada banyak objek wisata menarik di Majalengka yang terlihat menawan.

Sebut saja Situ Cipanten, destinasi wisata berupa danau ini sedang diganderungi wisatawan. Objek wisata yang terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka ini dikenal karena memiliki air yang jernih.

Suasananya juga terlihat asri karena dikelilingi rindangnya pepohonan. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri sambil menghirup udara sejuk.

"Ini dia salah satu kolam alami yang bisa menjadi solusi untuk dikunjungi yakni Situ Cipanten, Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Airnya yang jernih, membuat dasar kolam tersebut terlihat sangat jelas. Tertarik ke sini? Mention temen kamu wargi Jabar," tulis Instagram @hellojabar.

Situ Cipanten sudah ada sejak 1970-an. Saat itu, perawatannya belum begitu baik sehingga terkesan angker. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah Desa Gunung Kuning bersama dengan pemuda setempat melakukan pembenahan yang membuat tempat wisata ini semakin indah. Kini, banyak wisatawan yang berdatangan di akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

Udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata seluas satu hektare itu. Belum lagi fasilitas yang disediakan sangat cocok untuk wisatawan kekinian. Ada juga permainan air seperti bebek-bebekan dan perahu. Beberapa wisatawan juga ada yang menceburkan diri untuk berenang atau memancing.

Tak hanya menawarkan kesejukan dan kesunyian, banyak spot-spot foto Instagramable yang bisa ditemukan di sini. Salah satunya perahu Titanic dan jembatan cinta. Bahkan, beberapa pasangan yang hendak menikah memanfaatkan tempat wisata ini untuk lokasi foto prewedding.

Warna air di Situ Cipanten berubah-ubah. Kadang berwarna hijau tosca saat musim kemarau dan seketika berubah biru saat musim hujan. Saking jernihnya, Anda bisa melihat ikan-ikan berenang di tepi. Selain difungsikan sebagai tempat wisata, Situ Cipanten juga dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber perikanan air tawar serta sumber pengairan.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, sekitar Rp5.000 - Rp10.000. Di ini ada beberapa fasilitas seperti penginapan, musala, kamar mandi, dan area parkir kendaraan. Jarak dari pusat Kota Majalengka sekitar 16 km. Anda bisa mengambil akses dari Majalengka menuju Rajagaluh, setelah itu menuju Desa Salagedang dan Kecamatan Sindang. Bagaimana, tertarik menikmati kejernihan air di Situ Cipanten?

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut