get app
inews
Aa Read Next : Smiling West Java Sales Mission Promosikan Wisata Jawa Barat di Medan

Keunikan Umbul Manten di Klaten, Tempat Wisata Berenang dengan Sumber Mata Air Alami

Kamis, 08 Februari 2024 | 11:00 WIB
header img
Keunikan Umbul Manten di Klaten, Tempat Wisata Berenang dengan Sumber Mata Air Alami. (Foto: Instagram @umbulmanten)

KLATEN, iNewsMedan.id - Terdapat sejumlah umbul cantik dengan air jernih yang menarik untuk dikunjungi di Klaten, Jawa Tengah.

Ya, tak jauh dari Yogyakarta, Klaten memiliki panorama alam yang menakjubkan. Ada banyak objek wisata eksotis yang bisa membuat takjub wisatawan.

Berjuluk Kota Seribu Candi, Klaten memang memiliki daya tarik tersendiri. Sumber daya alam yang dimiliki wilayah dengan luas mencapai 655,56 km2 ini sangat menakjubkan. Salah satunya, destinasi wisata yang nge-hits dan menjadi perbincangan  netizen, namanya Umbul Manten.

Tempat wisata ini memang belum terlalu dikenal seperti Umbul Pongok, Jolotundo atau wisata umbul lainnya. Namun, banyaknya wisatawan yang membagikan foto-foto kunjungan ke Umbul Manten di media sosial, membuat destinasi wisata ini viral. Bahkan tak kalah instagenik dari Umbul Pongok.

"Cocok buat agenda Weekend nih gaes. Salah satu umbul (Mata Air) yang wajib dikunjungi saat di Klaten Umbul manten namanya. Siapa yang gak kenal sama umbul yang satu ini selain Hawa yang sejuk, pohon rindang dan air yang jernih menjadi satu kesatuan dalam memanjakan siapa saja yang datang berkunjung," tulis Instagram ics.infocahsolo.

Umbul Manten merupakan tempat wisata berenang dengan sumber mata air yang alami. Ditambah lagi, di lokasi Umbul Manten terdapat banyak pepohonan besar dan rindang.

Salah satu potensi yang ada di kawasan ini antara lain berdirinya pohon jenis ipik. Saking banyaknya, kawasan ini terlihat jarang ditembus sinar matahari. Panorama sawah hijau di kanan dan kiri juga menambah asri pemandangan. Selain berenang, wisatawan juga bisa bersantai di bawah pohon dan juga berswafoto dengan latar pohon besar.

Umbul Manten memiliki air yang sangat jernih, bahkan bebatuan di dasar kolam bisa terlihat jelas dari atas. Terlebih lagi jika menyelam, Anda dapat melihat bebatuan di dasar kolam dengan jelas. Airnya sangat jernih, sehingga dapat melakukan foto di dalam air.

Umbul Manten memiliki sumber mata air yang selalu mengalir dan jernih. Ada tiga tempat yang dapat dinikmati di sini, yaitu kolam utama, yang berukuran cukup kecil. Kedalamannya bisa mencapai 1,5 meter. Air di kolam ini tidak bisa keruh, karena dasar dari kolam adalah bebatuan. Ada juga kolam di sisi timur kolam utama.

Tinggi kolam ini sepinggang orang dewasa. kolam ini biasanya diisi oleh anak-anak. Lalu, ada aliran sungai yang dangkal. Pada aliran sungai, wisatawan dapat menikmati kesejukan air dari sumber alami.

Berwisata ke sini, Anda disarankan untuk membawa baju ganti. Apalagi jika akan melakukan sesi foto underwater, persiapkan segalanya termasuk kamera untuk sesi foto. Umbul Manten berada di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta - Solo. Akses jalannya sudah bagus. Untuk rute menuju Umbul Manten, dari Pusat Kota Klaten ambil arah menuju Jatinom kemudian menuju ke Jalan Janti, dari sana Anda tinggal ikuti papan petunjuk saja.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut