get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah Medan 13 Maret 2024

Smiling West Java Sales Mission Promosikan Wisata Jawa Barat di Medan

Rabu, 06 Desember 2023 | 14:35 WIB
header img
Smiling West Java Sales Mission Promosikan Wisata Jawa Barat di Medan. (Foto: iNewsMedan.id/Jafar)

MEDAN, iNewsMedan.id - Melalui acara Smiling West Java Sales Mission, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mempromosikan sejumlah tempat wisatanya di Medan, Selasa (5/12/2023). Tujuan acara itu untuk untuk mempromosikan wisata Jawa Barat, dikarenakan wisatawan Medan bisa mendapatkan pengalaman baru.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan bahwa hal ini sebagai upaya dengan cara berkolaborasi mengembangkan potensi wisata Jawa Barat melalui transportasi Bandara Kertajati.

"Mulai dari wisata kuliner, hingga fesyen. Jawa Barat ini paling unik, karena satu-satunya Provinsi yang memiliki 3 wilayah budaya ada namanya budaya Sunda Betawi itu adalah Bogor, Depok, Kerawang dan Bekasi. Ada yang namanya Sunda Priangan itu Bandung, Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, dan Kotapraja Bandung dan satu lagi adalah Sunda Cirebon," katanya.

Benny menuturkan bahwa selama ini konsentrasi wisata di wilayah Jawa Barat (Jabar) hanya ada di Bandung dan Bogor. Padahal, ada potensi wisata lainnya yang bisa dinikmati khususnya diwilayah Jabar diwilayah Timur.

"Kawasan wisatawan ini juga sebagai bentuk menjaga kemacetan wisatawan yang ada di kawasan Bandung, Bogor dan Cirebon," katanya didampingi oleh Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Singgih dan Executive General Manager (EGM) BIJB Kertajati, Nuril Huda.

Benny menjelaskan bahwa untuk persiapan, mereka sudah siap secara matang untuk menyambut wisatawan. Salah satunya, adalah transportasi darat yang dapat diakses baik yang ada di daerah Bandung, Majalengka, Kuningan, Cirebon hingga Ciamis.

"Ini sebagai pelayanan kepada masyarakat yang hadir di Kertajati, mereka dimudahkan untuk transportasi darat. Selain itu, akan ada keringanan bagi wisatawan seperti diskon-diskon untuk fasilitas yang hadir di Jawa Barat," terang Benny.

"Peningkatan wisatawan sangat signifikan khususnya untuk masyarakat Medan ke Jawa Barat," sambungnya.

Menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, Benny mengajak masyarakat Sumut untuk hadir ke Jawa Barat Kertajati. "Karena hanya 1 jam ke Majalengka, Cirebon, Kuningan. Sudah bisa mendapatkan pengalaman yang baru dan notabenenya tidak ditemukan ditempat lain dan kearifan lokalnya cukup tinggi," ungkapnya.

Kata Benny, wisatawan yang datang ke Jawa Barat pasti tidak pernah lupa untuk berbelanja. Salah satu tempat berbelanja yang asik an favorit ada di Summarecon Villagio Outlets. Tempat ini juga tidak jauh dari Kertajati.

"Sebetulnya, dari bandara Kertajati ini sangat memudahkan bagi para traveler ataupun juga wisatawan yang hadir di Jawa Barat ini untuk mencari apa yang diinginkan. Baik itu wisatawan kuliner, belanjanya, wisata religi, budaya, jadi ada semua di Kertajati ini," ujarnya.

Lewat pertemuan ini, diharapkan pelaku industri pariwisata Provinsi Sumatera Utara juga bisa mendorong wisatawan untuk ke Jawa Barat. Pertemuan ini dihadiri sejumlah industri maupun asosiasi pariwisata, maskapai Garuda Indonesia, dan lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut