get app
inews
Aa Read Next : Tegaskan Tidak Ikut Pilwakot, Paman Bobby Nasution: Saya Fokus Tugas ASN

Kebun Binatang Medan Zoo Ditutup Sementara, Bobby Nasution: Segera Kita Laksanakan Pembangunannya

Sabtu, 20 Januari 2024 | 14:00 WIB
header img
Harimau di Medan Zoo. (Foto: Dok Antara)

MEDAN, iNewsMedan.id - Wali Kota Medan, Bobby Nasution, angkat bicara soal penutupan sementara kebun binatang Medan Zoo di wilayah Medan Tuntungan, Kota Medan.

Penutupan ini dilakukan bukan karena kondisi Medan Zoo yang belakangan menjadi sorotan banyak pihak, setelah banyak satwa koleksinya yang mati karena sakit. Termasuk tiga ekor Harimau Sumatera yang statusnya secara global sangat terancam punah. 

Penutupan dilakukan akan dilakukan pembangunan di Medan Zoo. Penutupan ini juga dilakukan atas rekomendasi Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah, setelah keduanya bertemu beberapa waktu lalu.

"Kita sudah sepakat, kita akan tutup sementara Medan Zoo," kata Bobby Nasution, Jumat (19/1/2024). 

Bobby menyebut, pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun ia belum mau menjelaskan pembangunan seperti apa yang akan dilakukan. 

"Segera kita laksanakan pembangunannya," ucap Bobby. 

Medan Zoo saat ini dikelola oleh Pemerintah Kota Medan melalui salah unit usaha milik Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan. Pjs Dirut PUD Pembangunan Medan Bambang Hendarto, mengatakan pihaknya masih menunggu surat keputusan dari Wali Kota Medan, perihal penutupan Medan Zoo. 

"Itu memang salah satu opsi. Kita tunggu lah surat keputusan dan pajak Wali Kota," katanya.

Bambang mengungkapkan jika mereka sedang melobi perusahaan yang peduli terhadap satwa. Mereka menawarkan konsep kerja sama dalam bentuk orang tua asuh.

"Kita juga sedang melakukan lobi-lobi dengan perusahaan-perusahaan yang punya nurani, punya empati terhadap kesejahteraan satwa, rencana kita untuk melakukan kerja sama dalam bentuk orang tua asuh," ucapnya.

Bambang mengklaim jika saat ini sudah ada beberapa yang memberikan respons positif terkait kerja sama itu. Bobby nantinya akan mengumumkan secara resmi ketika kerja sama itu sudah deal, saat ini proses administrasi dan lobi terus berjalan.

"Sudah ada beberapa yang memberikan lampu hijau sama kita, nanti Pak Wali yang akan menyampaikan jika benar-benar sudah terjadi, proses kerja sama nya untuk orang tua asuh segala macam nya itu," ujarnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut