get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Hukum Ucapan Jenazah Sulit Dikubur karena Pemakan Riba

Gelisah Belum Sholat Pertanda Sebuah Nikmat, Patut Disyukuri dan Kerjakan Segera

Kamis, 14 Desember 2023 | 14:02 WIB
header img
Gelisah, merasa tidak tenang ketika belum melaksanakan sholat maka itu adalah suatu nikmat maka bersyukurlah dan segeralah mengerjakan sholat.Foto: Facebook/Pesan Alam/Ilustrasi

"Janganlah sampai kita berjuang keras untuk ikhlas dan meningkatkan kualitas ibadah, seperti puasa dan haji, namun pada akhirnya di timbangan amal kita di sisi Allah menjadi buruk karena kurangnya kualitas shalat kita," ujar Ustaz Raehanul Bahraen.

Ini adalah kerugian yang besar, sebagaimana penjelasan syaikh Al-'Utsaimin:

"Jika baik shalatnya, maka beruntung dan selamat. Jika tidak, maka kebalikanya yaitu rugi dan rugi." (Syarah Riyadush Shalihin 5/103)

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas shalat adalah dengan "mengisi" kekurangan kualitas shalat wajib melalui pelaksanaan shalat-shalat sunnah. Allah akan memperhatikan shalat sunnah kita sebagai tambahan jika terdapat kekurangan pada pelaksanaan shalat wajib (sebagaimana dalam hadits qudsi).

Secara umum, ketika kita kurang baik dalam melaksanakan ibadah wajib, kita melengkapi dengan amalan yang bersifat sunnah. Ibnu Taimiyah telah menjelaskan hal ini.

"َََِِّْ

"Barangsiapa yang lalai/kurang dalam menunaikan ibadah wajib, hendaknya ia bersungguh-sungguh memperbanyak ibadah sunnah." (Jami'ul Masa-il 4/109)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut