get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah Medan 13 Maret 2024

Karya Nyata Festival 2023 Hadir di Medan, Gratiskan 100 Stand untuk UMKM Binaan Rumah BUMN Mandiri

Rabu, 29 November 2023 | 17:34 WIB
header img
Karya Nyata Festival Hadir di Medan, Gratiskan 100 Stand untuk UMKM Binaan Rumah BUMN Mandiri. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - UMKM binaan Rumah BUMN Mandiri mendapat 100 stand gratis pada Gelaran Karya Nyata Festival 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Stafsus 3 kementrian BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, mengatakan kegiatan ini merupakan support system untuk mendorong penguatan ekonomi nasional bagi pelaku mikro UMKM dan para XYZ Generasion creativepreneur.

Ia menambahkan bahwa Gelaran ini dipersembahkan oleh RUMAH BUMN serta didukung oleh Kementerian BUMN Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Erick Thohir. Kegiatan ini digelar di tiga Kota besar, yakni Tangerang Selatan, Padang dan Medan.

"Sebelumya Karya Nyata Festival digelar di Kota Tangsel, Padang dan akhirnya Medan. Dan kota-kota lain di seluruh Indonesia Insyallah kita akan terus adakan kegiatan-kegiatan seperti ini," ujarnya, Selasa (28/11/2023).

Arya juga mengungkapkan, event Karya Nyata Festival menghadirkan brand local UMKM kuliner Fashion & Kriya Exhibition yang mempunyai otentik value lebih.

"UMKM binaan Rumah BUMN Bank Mandiri Medan yang akan kita damping hingga mampu dan mampunyai daya saing menjadi local brand yang hebat hingga mampu bersaing di nasional maupun internasional," jelasnya.

Sementara itu, CEO Muda Rumah BUMN Sumatera Utara, Olivia Fernaza, menjelaskan kegiatan ini juga menghadirkan kreatif talent potensial Medan.

Di antaranya, Jacky Sembiring, Komunal Primitif Percusion, Stand-up komedi, Cosplay live Band sampai unsur edukasi dengan menghadirkan Rio Purba Seorang influencer Designer brand nasional.

"Industri creative ini juga salah satu pilar ekonomi bangsa di Era digital ini dan asset bangsa yang perlu di berikan panggung dan perhatian khusus dan program yang kongrit biyar XYZ Generation ini mampu bertumbuh dan melahirkan karyanya," ujar Olivia Fernaza.

Lebih lanjut, ia menyebut event Karya Nyata Festival yang berlangsung pada 25–26 November 2023 di Plaza Medan Fair ini, berhasil mendorong omset UMKM 3-5 kali lipat dari omset harian biasanya.

"Event menghadirkan lebih dari 7000 pengunjung selama event ini berlangsung. Setelah Medan Karya Nyata Festival akan di gelar di kota jambi di bulan Desember," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut