get app
inews
Aa Read Next : ICDX Edukasi Media Massa Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi

Wujudkan Pemilu Bersih, Ketua DKPP Berharap Media Berperan Aktif 

Sabtu, 09 September 2023 | 15:46 WIB
header img
Ketua DKPP Heddy Lugito. Foto: Humas DKPP

MEDAN, iNews.id - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito, berharap media berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024.

"Peran media sangat penting dalam memberikan pendidikan berpolitik dan berdemokrasi kepada masyarakat. Media bisa memberikan masukan positif kepada masyarakat, tentang hal-hal negatif yang bisa meganggu atau merusak proses pelaksanaan pemilu," tutur Sarjana Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro ini saat berkunjung ke kantor media di Medan, Sumut, baru-baru ini.

Heddy melanjutkan, money politic atau politik uang saat ini masih terjadi di masyarakat. Pemahaman tentang bahayanya politik uang masih sangat minim di masyarakat. Selama ini, peran pengawasan terhadap praktik money politic atau pelanggaran pemilu dilakukan Bawaslu dan DKPP.

"DKPP tidak melakukan penindakan, apalagi penangkapan. DKPP hanya bisa melakukan sidang pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Dan itu pun, harus berdasarkan pengaduan oleh masyarakat atau semua yang terkait dengan pemilu," ujar mantan Pemimpin Redaksi Majalah Gatra ini.

Dengan keterbatasan tugas DKPP tersebut, kata Heddy, sangat diperlukan peran aktif media untuk mewujudkan pemilu bersih. Media bisa memberikan pencerahan, pendidikan dan solusi atas permasalahan pelaksanaan pemilu.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut