get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Desa Paling Indah di Indonesia, Nomor 2 Berdekatan dengan IKN

Daftar 9 Desa Terkaya di Indonesia, Ada Kutuh hingga Cikole

Jum'at, 08 September 2023 | 13:00 WIB
header img
Daftar 9 Desa Terkaya di Indonesia, Ada Kutuh hingga Cikole. (Foto: Istimewa)

3. Desa Bendar

Desa Bendar berlokasi di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bukan dari sektor pariwisata, Desa Bendar menjadi desa terkaya karena mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan.

Tercatat, hampir 95 persen warganya adalah nelayan dengan penghasilan berkisar Rp80 juta – Rp100 juta per bulan. Sedikitnya ada 500 kapal penangkap ikan baik kecil maupun besar yang dimiliki nelayan di sini.

Tak heran jika saat mengunjungi desa ini, kamu akan melihat jejeran rumah-rumah mewah dengan pilar-pilar yang besar. Keberhasilan penduduk Desa Bendar ini juga tidak lepas dari usaha pengerukan Sungai Juwana sekitar tahun 1980-an yang menjadi  palang pintu kesuksesan kampung nelayan Bendar.

4. Desa Ponggok

Ponggok menjadi desa terkaya di Jawa Tengah. Desa ini terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebelum masuk jajaran desa terkaya, daerah ini dulunya hanyalah sebuah desa terpencil dengan pendapatan sebesar Rp80 juta per tahun.

Namun, siapa sangka sekarang pendapatan desa mencapai Rp14 miliar per tahun. Hal itu berkat keberhasilan dalam mengembangkan potensi pariwisatanya.

5. Desa Kasongan

Desa kasongan dikenal sebagai sentra gerabah di Bantul, Jawa Tengah. Menariknya, gerabah asal daerah ini memiliki sejarah yang panjang dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17 karena kerap menjadi incaran wisatawan mancanegara.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut