get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Kebiasaan Edy Rahmayadi Elus Kepala Anak-anak Ternyata Ikuti Sunnah Rasulullah

Rabu, 23 Agustus 2023 | 12:24 WIB
header img
Kebiasaan Edy mengelus kepala anak ternyata sangat dianjurkan dalam Islam. Tak hanya itu, diharapkan juga membacakannya doa. (Ist)

Edy menjelaskan, ada perbedaan besar dalam mendidik anak disetiap generasi. Seperti generasi anak-anak masa kini yang sangat jauh berbeda dengan generasi orang tuanya. 

"Namun kebahagiaan tetap sama pentingnya untuk anak-anak di setiap generasi," ungkap Edy. 

Maka dari itu, iya kerap mengelus kepala anak-anak yang ditemuinya. Ia juga menyebut, bahwa proses tumbuh kembangnya anak dapat berjalan dengan baik 

"Jadi pesan saya kepada seluruh orangtua dimana pun berada, mari sama-sama kita persiapkan masa depan anak-anak kita dengan kasih sayang dan kebahagiaan. Adalah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mendidik dan membesarkan mereka menjadi orang-orang hebat di masa mendatang," tegas Edy. 

Kebiasaan Edy mengelus kepala anak ternyata sangat dianjurkan dalam Islam. Tak hanya itu, diharapkan juga membacakannya doa. Apalagi sang anak sudah berstatus sebagai yatim karena ditinggal wafat oleh ayahnya.  

Terkait kebiasaan Edy Rahmayadi mengelus kepala Anak, KH Ahmad Khambali, Pengasuh Majlis Sholawat Akhlul Kirom menyebutkan, prihal itu disebutkan dalam beberapa hadis. Bahwa Nabi Muhammad SAW dan beberapa sahabatnya senantiasa mengusap kepala anak kecil yang ditemuinya. 

"Hikmah mengusap kepala anak terutama anak yatim adalah membentuk kasih sayang dan kepedulian kepada anak yatim. Di sisi lain, anak yatim merindukan belaian kasih sayang ayahnya. Sehingga dari pertemuan itu akan mengubah hati yang keras menjadi lembut dan doa terkabulkan," ujar KH Ahmad Khambali, Rabu (23/8).

Anjuran mengusap kepala, lanjutnya sangat logis. Sebab kepala merupakan anggota tubuh manusia paling penting dan mulia. Di dalam kepala tersimpan akal pikiran.

"Itu merupakan bentuk kelembutan dan sikap melindungi sebagai ayah. Juga disebutkan, salah satu kunci untuk akrab dan dekat dengan anak adalah sifat lembut," katanya.

Lebih lanjut, dikatakan KH Ahmad Khambali, orangtua yang terbiasa bersikap lembut dalam mendidik anak, maka akan membuat anak memiliki pribadi yang hangat, bersikap hati-hati dan tidak berperangai keras atapun kasar.

"Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam telah mencontohkan kepada kita bagaimana bergaul dan berinteraksi dengan anak kecil yang didasari rasa kasih sayang yang tulus,"pungkasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut