get app
inews
Aa Read Next : Hans Hamzah Intel TNI Keturunan Tionghoa, Jago 6 Bahasa Asing Sukses Bongkar Koper Mayor Portugal

LB Moerdani Jenderal Katolik Pernah Menetap di Pondok Pesantren, Gus Dur: Benny Bahagia di Ponpes

Minggu, 20 Agustus 2023 | 13:22 WIB
header img
LB Moerdani atau  Leonardus Benyamin Moerdani dikenal sebagai seorang Jenderal TNI yang dinilai sejumlah pihak berseberangan dengan umat Islam. Walaupun dia menganut agama Katolik, ternyata LB Moerdani pernah menetap di Pondok Pesantren Assalam, Blora. Foto: Dok

MEDAN, iNewsMedan.id -  LB Moerdani atau  Leonardus Benyamin Moerdani dikenal sebagai seorang Jenderal TNI yang dinilai sejumlah pihak berseberangan dengan umat Islam. Walaupun dia menganut agama Katolik, ternyata LB Moerdani pernah menetap di Pondok Pesantren Assalam, Blora.

LB Moerdani lahir pada tanggal 2 Oktober 1932 di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Dia adalah anak dari RG Moerdani Sosrodirdjo, seorang pegawai di Nederland Indische Spoorweg Maatschappij atau perusahaan kereta api Hindia Belanda.

Sementara ibunya, Jeanne Roech, memiliki keturunan Jerman dan bekerja sebagai guru di TK. RG Moerdani menganut agama Islam, sementara Jeanne beragama Katolik.


Sebelum menikah dengan Jeanne, Moerdani Sosrodirdjo sudah memiliki tiga anak laki-laki dari istri pertamanya yang telah meninggal dunia.

Kedua orangtua LB Moerdani tetap memegang teguh keyakinan agama masing-masing. Bahkan, saat masih kecil, LB Moerdani telah dibaptis.

Dalam keluarga besar tersebut, Benny adalah anak keenam dari 13 bersaudara. Jika dilihat dari garis ibu (Jeanne Roech), Benny merupakan anak ketiga dari 10 bersaudara. Benny seringkali harus berpindah tempat tinggal sesuai dengan tugas ayahnya.

Pada tahun 1930-an hingga awal 1940-an, Benny tinggal di Cepu. Di kota kecil yang dikenal sebagai penghasil minyak ini, Benny tinggal di rumah mertua ayahnya dari istri pertama.

"Ayah Benny pernah mengirimnya untuk belajar di Pondok Pesantren Assalam. Pondok yang dijalankan oleh Kiai Usman ini hanya berjarak kurang dari 1 km dari rumah mertua ayahnya," kata Arief Usman, salah satu pengurus pondok yang juga cucu dari Kiai Usman, seperti yang tercatat dalam karya akademik Aulia Farah dari UNJ yang berjudul "L.B Moerdani: Karier Militer dari Tentara Pelajar sampai Panglima ABRI (1945-1988)".

KH Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur memiliki cerita mengenai periode ketika Benny belajar agama di pondok tersebut, meskipun dia sebenarnya sudah dibaptis dan menjadi seorang penganut Katolik.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut