get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Tukad Unda di Bali, Sungai yang Memiliki Air Berlapis-lapis

5 Minuman Khas Papua yang Wajib Dicoba, Ada Kopi Wamena hingga Swansrai

Minggu, 30 Juli 2023 | 12:00 WIB
header img
Swansrai. (Foto: Facebook)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat minuman khas Papua yang wajib dicoba. Minuman tradisional ini, ada yang menyehatkan dan juga bisa memabukkan.

Papua memang kaya akan budaya dan tradisinya. Daerah ini punya kekhasan tersendiri, baik itu tradisi dan sosial kemasyarakatannya.

Selain ada makanan khas, terdapat pula sejumlah minuman khas Papua. Berikut ini lima minuman khas Papua dirangkum dari berbagai sumber.

5 Minuman Khas Papua

1. Minuman buah Matoa

Minuman buah matoa merupakan salah satu minuman khas Papua. Minuman ini berisi agar-agar, cincau, biji selasih, kolang-kaling dan tentunya buah matoa.

Buah matoa ini bentuknya mirip kelengkeng dan khas Indonesia Timur. Buah matoa punya banyak khasiat untuk kesehatan seperti mengatasi ambeien, mencegah hipertensi, melancarkan peredaran darah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Kopi Wamena

Papua terkenal sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, salah satunya kopi Wamena. Kopi jenis arabica ini tumbuh di Lembah Baliem di Pegunungan Jayawijaya di atas ketinggian 1.600 mdpl.

Proses penanamannya sangat alami dan menggunakan cara tradisional sehingga menjadikan biji kopi tumbuh tanpa bahan kimiawi. Kopi Wamena punya karakter harum dengan aroma coklat dan floral. Rasanya tergolong cukup unik, berbeda dengan kopi nusantara lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut