get app
inews
Aa Read Next : YouTuber Sebar Video Bugil Mantan Pacar Ditangkap Polisi, Motif Sakit Hati

Aktivis Lingkungan Kritik Alshad Ahmad: Satwa Liar Hidup di Hutan Bukan di Youtube

Jum'at, 28 Juli 2023 | 19:00 WIB
header img
Youtuber Alshad Ahmad. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Youtuber Alshad Ahmad menjadi sorotan publik imbas mengumumkan harimau peliharaannya bernama Cenora mati. Hal itu pun langsung mendapat kritik dari aktivis Lingkungan.

Kabar itu diungkap Alshad melalui postingan Instagram-nya, baru-baru ini. Bukan mendapat simpati, Alshad langsung menuai kritik netizen karena dinilai tidak memiliki kapasitas untuk memelihara hewan buas seperti harimau.

Alshad pun semakin menjadi bulan-bulanan netizen usai menuliskan balasan komentar yang mengungkap fakta jika bukan hanya satu harimau peliharaannya yang mati. Namun, ada enam lainnya, sehingga total ada tujuh harimau yang mati.

Dia mengatakan, tujuh harimau tersebut merupakan hasil breeding sendiri dari satu indukan. Hal ini pun tambah membuat marah netizen di media sosial.

Tak hanya netizen, kecaman juga datang dari Femke den Haas, wanita asal Belanda yang sudah lebih dari 20 tahun menetap di Jakarta sebagai seorang aktivis lingkungan. Dia juga sekaligus salah satu pendiri Jakarta Animal Aid Network (JAAN), sebuah lembaga independen yang didirikan dengan tujuan menyelamatkan satwa.

Dia menegaskan, satwa liar, apapun jenisnya, berhak untuk hidup di alam. Menurut dia, cukup berisiko membiarkan satwa liar hidup di dalam kandang yang tentunya lebih sempit jika dibandingkan dengan habitat aslinya di alam bebas.

Sebab, banyak bahaya yang mengintai, tentu saja akan mengancam keselamatan mereka. "Setiap satwa liar pasti terlahir untuk hidup di alam dan mereka tidak cocok untuk hidup di dalam kandang dan di tempat sempit. Apalagi kan dipelihara di atas semen, sangat kasar dan bisa mengakibatkan banyak penyakit," kata Femke den Haas saat dihubungi iNews.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, Femke menjelaskan jika harimau menjadi salah satu satwa liar yang membutuhkan tempat yang luas demi kelangsungan hidupnya. Kandang sebesar apapun, asupan makanan sebanyak apapun dari tuannya, tak akan bisa terpenuhi seutuhnya jika ia masih saja tak dibiarkan hidup di alam bebas.

"Harimau kan satwa yang butuh tempat yang sangat luas jadi kebutuhannya tidak pernah dipenuhi jika di luar alam begitu," ujar dia.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut