get app
inews
Aa Read Next : Jaksa Ciduk DPO Terpidana Korupsi Dana Kapitasi JKN Labuhanbatu

Buron Sejak 2018, DPO Kasus Korupsi Sarana Air Minum Samosir Diciduk Saat Cuci Mobil

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:05 WIB
header img
Asintel Kejati Sumut Dr Dwi Setyo Budi Utomo didampingi Kasi Penkum Yos Arnold Tarigan saat memberi keterangan pers terkait penangkapan DPO terpidana kasus korupsi di Samosir, Kamis (13/1)

MEDAN, iNews:     Tim tangkap buronan (Tabur) Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) berhasil meringkus seorang terpidana berstatus DPO berinisial JP selaku Direktur PT Karya Bukit Nusantara. JP merupakan terpidana 5 tahun penjara dalam perkara korupsi pengadaan sarana air minum di Sibisa (DAK) Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir Tahun Anggaran 2007. 

Asintel Kejati Sumut Dr Dwi Setyo Budi Utomo mengatakan terpidana JP berhasil diamankan di rumah sekaligus tempat usahanya jasa cuci mobil di kawasan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Kamis (13/1/2022).

"Saat kita amankan dia lagi mencuci mobil, terpidana tidak melakukan perlawanan dan langsung kita bawa ke Kejati Sumut untuk selanjutnya kita serahkan ke Cabjari Toba Samosir di Porsea," kata Asintel didampingi Kasi Penkum Yos A Tarigan, .

Lanjut Dwi Setyo, berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 1540 K/Pid.Sus/2015 tanggal 24 Maret 2016 menerima tuntutan dan mengabulkan jaksa, bahkan menaikkan tuntutan jaksa menjadi 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta dengan ketentuan jika denda tidak dibayar maka akan diganti dengan kurungan badan selama 6 (enam) bulan.  

"Terpidana ditetapkan DPO sejak 31 Juli 2018 dan selama pelariannya terpidana JP berada di Medan dan Tanjung Morawa membuka usaha doorsmer. Sebelumnya, jaksa menuntut terpidana 4 tahun penjara dan divonis hakim Pengadilan Tipikor Medan 1,6 tahun," paparnya.

Mantan Kajari Medan ini menegaskan, bahwa pada saat pelaksanaan pekerjaan Pengadaan Sarana Air Minum di Sibisa (DAK) Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir senilai Rp. 1,8 miliar, ternyata terpidana JP menyerahkan (men-sub-kontrak) seluruh  pekerjaan  kepada TS (DPO). 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut