get app
inews
Aa Read Next : Libur Sekolah,  Beautify Indonesia Khitan Gratis 200 Anak di Medan

Sapi Terberat di Sumut 1,3 Ton Disembelih, Dagingnya Disalurkan ke 700 KK

Kamis, 29 Juni 2023 | 21:18 WIB
header img
Sapi dengan berat 1,3 ton yang disembelih pada Idul Adha di Kota Medan.

MEDAN, iNewsMedan.id- Seekor sapi dengan jenis brahman yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, menjadi pusat perhatian publik. Karena memiliki bobot berat tubuhnya mencapai 1,3 ton. 

Sapi itu, disembelih di halaman belakang The Clinic Beautylosophy, Jalan Skip Kota Medan, Kamis 29 Juni 2023. 

Sapi diberikan nama Bawor diklaim hewan kurban yang terberat di Sumatera Utara dan mengalahkan sapi milik Presiden Joko Widodo, yang dikurbankan di Kota Medan, dengan berat 1,2 ton. 

Bawor dibeli oleh dr Arya Tjipta Sp.BP-RE, pemilik The Clinic Beautylosophy Medan

dr Arya mengungkapkan bersama keluarganya memberikan hewan yang terbaik, dibagikan kepada 700 kepala keluarga di Kota Medan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. 

"Rencananya daging kurban akan dibagi ke 700 KK dan beberapa untuk fakir miskin serta anak yatim piatu," ucap dr Arya kepada wartawan di The Clinic Beautylosophy, Jalan Sekip, Kota Medan. 

Menurutnya, kurban adalah memberikan sesuatu yang terbaik dan ikhlas. Jadi, sapi brahman ini adalah persembahan terbaik yang bisa diberikan secara pribadi bersama keluarga. 

"Kita persembahan yang terbaik, Insha Allah. Tahun-tahun sebelumnya saat kurban tidak terlalu besar seperti ini. Dan ini mungkin yang terbesar yang pernah saya kurbankan secara pribadi," ucap Arya. 

Arya mengungkapkan bahwa sapi ini, dibeli dari peternakan berada di Dusun V, Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Namun, proses pembelian hewan kurban melalui proses, dengan mengecek keseluruhan sapi tersebut. 

Sapi ini, tambahnya, didapat dari daerah Tanjung Morawa dan ternyata di Sumatera Utara ada peternak sapi yang bisa mengembangkan dari mulai lahir hingga memiliki berat 1,3 ton. 

"Ini luar biasa karena bukan hanya bisa didapat di Jawa. Ternyata ada, Alhamdulillah, ini menunjukkan peternak di Sumut hebat-hebat, bisa membuat sapi dengan memiliki bobot 1,3 ton dan makanannya organik," jelas Arya. 

Peternak sapi tersebut, Sugianto mengungkapkan bahwa Bawor pada Idul Adha 2022, lalu. Hendak dibeli Presiden Jokowi, yang sudah turun melakukan pengecekan. Namun, tidak diketahui penyebabnya, Jokowi batal membeli sapi tersebut. 

"Di 2023 sudah dipinang oleh dr Arya, usia sapi bernawa Bawor ini sudah 5 tahun dan bobotnya di atas 1 ton (1.340 kg). Ini yang paling tua," ucap Sugianto. 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut