get app
inews
Aa Read Next : Resmikan Rumah Pemenangan, Freddy Siahaan Jadi Barometer Demokrasi Politik Sumut dari Siantar

Obituari Rudolf Matzuoka Pardede: Gubernur Sumut Sipil Pertama, Anak Menteri Berdikari Era Soekarno

Rabu, 28 Juni 2023 | 13:29 WIB
header img
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kiri) secara tak terduga berjumpa seniornya Rudolf Matzuoka Pardede saat berolahraga pada Kamis 2 Desember 2021. Rudolf Pardede merupakan Gubernur Sumut periode 2003-2005. Foto: IG

Sebelum menjadi Ketua PDIP Sumut, Rudolf adalah anggota DPR RI dari tahun 1982-1987. Ia juga menjadi anggota MPR RI utusan Sumut pada tahun 1999.

Pada pemilihan Gubernur Sumut tahun 2003, Rudolf maju sebagai calon wakil berpasangan dengan gubernur petahana, Tengku Rizal Nurdin. Mereka berhasil mengalahkan dua pasangan calon lainnya, yaitu Chairuman Harahap-Serta Ginting dan Amrun Daulay-Baskami Ginting.

Rudolf kemudian dilantik sebagai Gubernur Sumut definitif dari tahun 2006 sampai 2008. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri di Gedung Sasana Bhakti Praja III, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Pada Pilkada Sumut tahun 2008, Rudolf tidak mencalonkan diri lagi sebagai gubernur. Pada saat itu, ada lima pasangan calon yang akhirnya dimenangkan oleh pasangan Syamsul Arifin dan Gatot Pujo Nugroho.

Setelah masa jabatannya di PDIP berakhir pada tahun 2010, Rudolf kemudian beralih ke Partai Gerindra. Di partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto tersebut, Rudolf sempat mendapatkan jabatan sebagai Ketua Dewan Pembina Gerindra Sumut.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut