get app
inews
Aa Read Next : Resmikan Rumah Pemenangan, Freddy Siahaan Jadi Barometer Demokrasi Politik Sumut dari Siantar

Obituari Rudolf Matzuoka Pardede: Gubernur Sumut Sipil Pertama, Anak Menteri Berdikari Era Soekarno

Rabu, 28 Juni 2023 | 13:29 WIB
header img
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kiri) secara tak terduga berjumpa seniornya Rudolf Matzuoka Pardede saat berolahraga pada Kamis 2 Desember 2021. Rudolf Pardede merupakan Gubernur Sumut periode 2003-2005. Foto: IG

MEDAN, iNewsMedan.id - Rudolf Matzuoka Pardede, mantan gubernur Sumatera Utara, meninggal dunia pada Senin, 27 Juni 2023, pukul 21.15 WIB di sebuah rumah sakit di Medan. Rudolf lahir di Balige pada 4 April 1942 dan meninggal dunia pada usia 81 tahun.

Rudolf dilantik menjadi gubernur Sumut menggantikan Tengku Rizal Nurdin yang meninggal akibat kecelakaan pesawat Mandala Airlines RI-091 di kawasan Padang Bulan, Kota Medan, sesaat setelah lepas landas dari Bandara Polonia Medan pada 5 September 2005.

Rudolf disebut sebagai gubernur Sumut pertama yang berasal dari warga sipil sejak Orde Baru.

Rudolf lahir di Balige pada 4 April 1942. Ia merupakan anak dari mantan Menteri Berdikari di akhir era Presiden Soekarno tahun 1964, Dr TD Pardede, dan ibu bernama Hermina Tambunan.

Rudolf menempuh pendidikan formal di berbagai daerah, seperti lulus SD di Medan pada 1954, SMP di Tanjung Pinang pada 1957, SMA di Sukabumi pada 1960, dan menyelesaikan kuliah di Jepang pada 1966 dengan gelar Sarjana Ekonomi.

Selain pendidikan formal, Rudolf juga mengikuti pendidikan non-formal, seperti kursus manajemen di Inggris, kursus manajemen di Jerman, dan kursus perantara pedagang efek di Amerika.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut