Logo Network
Network

Kisah Asep Lulus Kuliah Tanpa Buat Skripsi, Ini Rahasianya

Puti Aini Yasmin
.
Senin, 05 Juni 2023 | 13:15 WIB
Kisah Asep Lulus Kuliah Tanpa Buat Skripsi, Ini Rahasianya
Kisah Asep Lulus Kuliah Tanpa Buat Skripsi, Ini Rahasianya. (Dok. UM Surabaya)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Skripsi adalah salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Adalah Asep Budiyanto yang membuktikan hal tersebut. Pria asal Pekalongan, Jawa Tengah ini mampu lulus dari Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) tanpa skripsi.

Rahasia Asep Lulus Tanpa Skripsi

Ternyata, kemampuan Asep lulus tanpa skripsi berkat ia menulis jurnal dengan judul 'Penerbitan Kartu Keluarga bagi Nikah Siri Perspektif Al-Maslahah Al-Mursalah".

Tak cuma itu, ia juga dikenal sebagai sosok yang gigih dan menginspirasi karena ternyata memiliki kisah hidup yang getir. Saat duduk di bangku SMA ia sempat hendak berhenti karena kendala biaya.

Asep berasal dari keluarga sederhana, ayahnya adalah kuli bangunan dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Saat lulus SMP, ia bekerja di konveksi pembuatan celana jeans dan daster.

Lalu, saat SMA ia mendapat rekomendasi untuk mondok di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum dengan syarat tinggal di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.