get app
inews
Aa Read Next : Besok Sidang Dakwaan Korupsi APD Covid-19, Tim Kuasa Hukum Alwi Hasibuan Siap Beberkan Fakta

Terlibat Kasus Korupsi Rp725 Juta, Eks Kadis Kesehatan Deli Serdang Ditahan 

Rabu, 24 Mei 2023 | 10:06 WIB
header img
Terlibat Kasus Korupsi Rp725 Juta, Eks Kadis Kesehatan Deli Serdang Ditahan 

DELI SERDANG, iNewsMedan.id- Eks Kadis Kesehatan Deli Serdang, dr Ade Budi Krista (52) ditetapkan sebagai tersangka  kasus dugaan korupsi Jasa Konsultansi Perencanaan dan Konsultansi Pengawasan Belanja Modal Kesehatan Dinkes Deli Serdang senilai Rp 725.478.290, pada tahun 2021. Akibat perbuatannya, kini dia meringkuk di bui. 

Dalam kasus ini Kejari Deli Serdang juga menetapkan 3 tersangka yakni eks Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Deliserdang, Kornelius Pinem (52), Honorer Dinkes Deliserdang Alamsyah (45) dan PNS Dinkes Deliserdang Jefri Erfan Siregar (34). 

Penahanan keempat tersangka dilakukan pada Selasa (23/5) kemarin.

"Bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan berkas diperoleh bukti yang cukup dan tersangka diduga keras melakukan tindak pidana yang dapat dikenakan penahanan, karena dikhawatirkan akan melarikan diri merusak dan menghilangkan barang bukti," ujar Kasi Intelijen Kejari Deli Serdang, Boy Amali dalam keterangannya, Rabu (23/5/2023). 

Kata Boy kasus korupsi ini bermula pada tahun 2021, ketika itu Dinkes Deli Serdang melaksanakan 9 kegiatan. Diantaranya pembangunan Puskesmas Bangun Purba, Rehabilitasi Poskesdes, Pembangunan Pagar Samping dan Belakang UPT Gudang Farmasi, Pemasangan Paving Blok Halaman dan Area Parkir UPT Gudang Farmasi. 

"Kemudian pembangunan Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) Limbah B3, Pengadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Puskesmas, Pengadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RSUD Pancur Batu, Pembangunan Gedung PSC 119 dan Rehabilitasi Berat Puskesmas Kecamatan Labuhan Deli," ujar Boy.  

Dalam kasus ini tersangka Alamsyah petugas yang menyiapkan administrasi, Cornelius Pinem dan Jefri Efran Siregar sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). Sementara itu peran Ade selaku pengguna anggaran kegiatan tersebut.  

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut