get app
inews
Aa Read Next : CCTV Bisa Dipantau lewat HP Tanpa Wifi, Segini Harganya!

IMOU Sense, CCTV Pintar dengan Teknologi Terupdate

Sabtu, 20 Mei 2023 | 16:51 WIB
header img
Pada saat gathering  di hotel Adi Mulya Medan, Juma5 (19/5) Desmanto Ayang dari PT Makmur Abadi Senantiasa (MAS) kepada wartawan menyampaikan bahwa perkembangan teknologi bagi masyarakat saat ini membutuhkan teknologi algoritma kecerdasan

MEDAN, iNewsMedan.id- Seorang insinyur asal Jerman bermana Walter Bruch adalah orang yang menemukan CCTV atau Closed Circuit Television  pada tahun 1942. 

Awalnya CCTV bertujuan sebagai pengawas proses peluncuran roket agar terlihat jika terjadi kesalahan atau tidak. 

Saat ini pemanfaatan CCTV telah berkembang, alat ini dimanfaatkan untuk memantau situasi dan kondisi tempat tertentu sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan. Bahkan, karena fungsinya tersebut, hasil tangkapan CCTV dapat dijadikan sebagai bukti peristiwa tindak kejahatan oleh kepolisian. 

Pada tahun 1970-an, teknologi CCTV berkembang pesat pasca ditemukannya VCR (Video Casette Recorder)

Teknologi VCR lantas diaplikasikan ke dalam sistem CCTV dan menawarkan cara baru untuk menggunakan kamera pengawas, orang tidak perlu lagi memantau layar secara langsung dan sistem diatur dan dibiarkan berjalan sendiri. 

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini turut mempengaruhi kecanggihan CCTV, saat ini CCTV telah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI). Dengan teknologi secanggih sistem dapat membaca plat nomor kendaraan, pengenalan wajah (facial recognition) secara live, orang-orang yang sering bertemu, hingga lokasi setiap individu di setiap waktu. 

Di Indonesia kecanggihan CCTV berteknologi AI sudah bisa ditemukan di pasaran. IMOU menawarkan produk, layanan keamanan dan teknologi, sistem, untuk perkantoran, pergudangan, pabrik, gedung pemerintahan, komersial, retail, infrastruktur, pemukiman masyarakat dan lainnya. 

IMOU  memiliki motion detector yang mampu memberi notifikasi pada perangkat terhubung jika ada pergerakan manusia. 

IMOU memiliki banyak fitur canggih diantaranya adalah pemindai atribut (attribute recognition) fitur ini mampu mengenali  anggota keluarga, mengenali gerakan, dan lain-lain, deteksi target mampu mendeteksi wujud manusia, kendaraan, paket, wajah, deteksi hewan peliharaan, dan lain-lain, pelacakan target, analisis perilaku mampu mendeteksi benda jatuh, penerobosan perimeter. 

IMOU juga didukung teknologi AI audio yang melibatkan algoritma 3A, lokalisasi sumber suara, deteksi suara abnormal, dan lain-lain. 

Fitur canggih lainnya yang dimiliki IMOU adalah algoritma navigasi fitur ini banyak dipakai untuk layanan rumah dan robot pembersih rumah, terdiri atas algoritma SLAM, algoritma perencanaan jalur (path planning), serta algoritma pengendali pengambilan keputusan. 

IMOU juga memiliki fitur algoritma persepsi yang berfungsi melakukan kalibrasi sensor di berbagai sumber serta pemrosesan dan penggabungan informasi sensor. Sensor ini meliputi binocular vision, structured light camera, radar dengan gelombang milimeter, line laser, kamera TOF, dan lain-lain. 

Sensor ini biasanya dipakai untuk memperkirakan kedalaman, liveness detection, robot obstacle avoidance, dan lain-lain. 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut