get app
inews
Aa Read Next : Dasco Kunjungi Posko Pemenangan MBZ, Zakiyuddin Optimistis Menangkan Pilkada Medan

Sejarah Kesawan Medan, Dulu Lokasi Pemukiman Pegawai Belanda dan China Sekarang Jadi Pusat Niaga

Sabtu, 29 April 2023 | 13:00 WIB
header img
Kesawan merupakan salah satu kawasan bersejarah yang terletak di kota Medan, Sumatera Utara. Foto: KORAN SINDO

MEDAN, iNewsMedan.id - Kesawan merupakan salah satu kawasan bersejarah yang terletak di kota Medan, Sumatera Utara. Kawasan ini didirikan oleh Deli Maatschappij, sebuah perusahaan Belanda yang mengelola perkebunan tembakau di Deli pada abad ke-19.

Pada awalnya, Kesawan merupakan kawasan tempat tinggal para pegawai Belanda dan Cina yang bekerja di perusahaan tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, kawasan ini berkembang menjadi pusat perdagangan yang ramai dengan toko-toko, restoran, dan hotel yang menjajakan barang-barang hasil bumi seperti kopi, karet, dan tembakau.

Kesawan juga menjadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan politik di kota Medan. Di kawasan ini terdapat banyak bangunan bersejarah yang masih lestari hingga saat ini, seperti gedung Tjong A Fie, rumah Bierbrouwerij, dan Masjid Raya Medan.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Kesawan menjadi pusat kegiatan politik dan sosial yang penting di kota Medan. Beberapa peristiwa penting dalam sejarah Indonesia juga terjadi di kawasan ini, seperti Konferensi Medan pada tahun 1947 yang membahas mengenai persatuan Indonesia dan perjuangan melawan penjajahan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut